Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Untuk Pemahaman Konsep Dasar Matematika Bagi Mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Samsiar Rivai, Abdul Rahmat

Abstract


Pemahaman konsep merupakan unsur penting dalam belajar matematika di sekolah dasar. Penguasaan terhadap konsep, memungkinkan seorang dapat memecahkan masalah dengan lebih baik, sebab untuk memecahkan masalah perlu aturan-aturan, dan aturan-aturan tersebut didasarkan pada konsep yang dimiliki. Dalam pemahaman konsep matematika dapat digunakan pendekatan matematika realistik, karena dengan pendekatan ini guru dipandang sebagai fasilitator, moderator dan evaluator yang menciptakan situasi dan menyediakan kesempatan bagi siswa untuk menemukan kembali ide dan konsep matematika dengan cara mereka sendiri. Di samping pendekatan guru dapat menggunakan media, sebab media sangat berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, termasuk untuk peningkatan kualitas pembelajaran matematika. Dengan penggunaan media, pemahaman konsep dan symbol matematika yang tadinya bersifat abstrak menjadi konkret. Sehingga dalam pemahaman konsep dan symbol matematika mahasiswa sebagai calon guru dilatih membuat media matematika sederhana yang dapat digunakan dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.

Keywords


Media; Konsep Dasar Matematika SD;

Full Text:

PDF

References


Alam, B. I. 2012. Peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa SD melalui pendekatan realistic mathematics education (RME). Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. Fisher

Baroody, A.J., Feil,Y.,& Johnson, A.R. (2007), An alternative reconceptualization procedural and conceptual knowledge.Journal for Research in Mathematics Education, 38,115-131

Ferdiansyah Fery. 2012. Media Pembelajaran Matematika. http://feryferdiansyah16.blogspot.

com/2012/09/media-pembelajaran-matematika.html. diakses tanggal 30 Desember 2022

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hudojo, Herman. 2005. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dikti PPLPT

Muwarni 1999. Makalah Hakikat Media Dalam Pembelajaran. https://pastime-net.blogspot.

com/search/label/Makalah?updated-max=2020-05-22T11%3A24%3A00%2B07% 3A00&max-results=7#PageNo=2

Rumampuk, Dientje Borman. 1988. Media Instruksional IPS. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Jakarta

Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan (Terjemahan Tri WIbowo). New York. Mc Graw-Hill Company (Buku asli diterbitkan tahun 2004)

Zuliana Eka. 2016. Media Pembelajaran Matematika SD

https://ekazuliana.wordpress.com/2016/08/04/media-pembelajaran-matematika-sd/.

Diakses tanggal 30 Desember 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.57-68.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id