Pelatihan Pengembangan Potensi Tenaga Pendidik Melalui Manajemen Referensi Aplikasi Program Mendeley

Widyatmike Gede Mulawarman, Muhammad Siddik, Endang Dwi Sulistyowati, Swadia Gandhi Mahardika

Abstract


Pendidik dituntut meningkatkan karirnya melalui promosi akademik dari level lektor sampai pengawas sekolah. Hasil pengamatan penulis beberapa keluhan dari tenaga pendidik bahwa salah satu faktor penghambat kenaikan pangkat tenaga pendidik ada pada persyaratan karya tulis ilmiah terutama artikel ilmiah. Tujuan kegiatan PKM ini adalah (1) memberikan pengetahuan kepada tenaga pendidik melalui manajemen referensi System Mendeley dalam menulis artikel ilmiah berupa hasil penelitian dan (2) memberikan keterampilan menulis, baik artikel maupun artikel non- penelitian bagi tenaga pendidik pada semua jenjang pendidikan. Hasil pelatihan ini adalah semua tenaga pendidik terampil menulis artikel ilmiah dan menggunakan manajemen referensi berbasis aplikasi Mendeley.

Keywords


pelatihan tenaga pendidik; manajemen referensi

Full Text:

PDF

References


Astuti, E., & Isharijadi, I. (2019). Pengenalan Open Journal System (OJS) untuk Publikasi Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 409–414.

Bahar, B. (n.d.). Pengembangan Model Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Artikel Ilmiah Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(3), 1–12.

Bakri, R., & Astuti, N. P. (2019). Manajemen Tata Kelola Jurnal Dan Pelatihan Penggunaan OJS Versi 3 di Perguruan Tinggi Swasta. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Boggs, J. A. (2019). Effects of teacher-scaffolded and self-scaffolded corrective feedback compared to direct corrective feedback on grammatical accuracy in English L2 writing. Journal of Second Language Writing, 46(November), 100671. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2019.100671

Gardner, S., Nesi, H., & Biber, D. (2019). Discipline, Level, Genre: Integrating Situational Perspectives in a New MD Analysis of University Student Writing. Applied Linguistics, 40(4), 646–674. https://doi.org/10.1093/applin/amy005

Hafid, A., & Rosmalah, R. (2018). Memberdayakan Guru Sekolah Dasar Menulis Karya Tulis Ilmiah di Kabupaten Bone. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018(6).

Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penulisan Artikel dan Publikasi pada Open Journal System (OJS). Jurnal EcoGen, 2(4), 596–600.

Peters, M. A., Besley, T., & Arndt, S. (2019). Experimenting with academic subjectivity: collective writing, peer production and collective intelligence. Open Review of Educational Research, 6(1), 26–40. https://doi.org/10.1080/23265507.2018.1557072

Rida Prihatni, 2Ati Sumiati, 3Tuty Sari Wulan. (2022). Workshop Pengayaan Pembuatan Proposal Dan Prosedur. 02(4), 1111–1118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1111-1118.2022

Sulianto, J., Untari, M. F. A., Budiman, M. A., & Wardana, M. Y. S. (2020). Meningkatkan Publikasi pada Majalah Populer dan Jurnal melalui Kegiatan Pendampingan Penulisan Ilmiah KKG Kota Salatiga. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 68–77.

Tabassi, A. A., Bryde, D. J., Abdullah, A., & Argyropoulou, M. (2017). Conflict Management Style of Team Leaders in Multi-Cultural Work Environment in The Construction Industry. Procedia Computer Science, 121, 41–46. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.11.007

Tahun, K. K. (2006). Analisis kebijakan penambahan sekolah menengah negeri baru di kabupaten kebumen tahun 2004. 2004.

Udin, U., Dananjoyo, R., Shaikh, M., & Vio Linarta, D. (2022). Islamic Work Ethics, Affective Commitment, and Employee’s Performance in Family Business: Testing Their Relationships. SAGE Open, 12(1), 215824402210852. https://doi.org/10.1177/21582440221085263

Ulia, N., Ismiyanti, Y., & Setiana, L. N. (2019). Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 150. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.3402

Wahed, A., Faridah, F., & Irmawati, I. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Manajemen Referensi. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Waluyo, B. (2020). Learning Outcomes of a General English Course Implementing Multiple E- learning Technologies and Active Learning Concepts. The Journal of AsiaTEFL, 17(1), 160–181. https://doi.org/10.18823/asiatefl.2020.17.1.10.160

Wardoyo, D. T. W., Kautsar, A., & Fazlurrahman, H. (2020). Strategi Pengembangan Penulisan Karya Ilmiah pada Guru di Kabupaten Sidoarjo. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 16–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.21-32.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id