Pelatihan Bahasa Inggris pada Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Depok dengan Metode TPR

Sari Rejeki, Anindia Ayu Rahmawati

Abstract


Program pelatihan kecakapan Bahasa Inggris menggunakan metode TPR (Total Physical Response) kepada warga binaan di Lapas Depok merupakan bentuk kerjasama masyarakat luar dengan unit pelaksana teknis pemasyarakatan dalam upaya menciptakan inovasi kegiatan yang bersifat meningkatkan kualitas diri warga binaan. Tujuannya agar para warga binaan bisa melafalkan dan memahami beberapa kosa kata dan frasa bahasa Inggris dalam kondisi pembelajaran yang tanpa tekanan. Metode pengajaran TPR dinilai efektif karena sebagian besar aktifitasnya bersifat spontan dengan arahan dari pengajar. Ada 3 tahapan pelaksanaan kegiatan yaitu Engage, Study dan Activate yang banyak melibatkan keaktifan peserta melalui gerak dan lagu. Selama pelatihan telah terbangun rasa percaya diri peserta untuk menggunakan Bahasa Inggris. 


Keywords


Pelatihan Bahasa Inggris; Metode TPR; warga binaan; Lembaga Pemasyarakatan

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Asher, J. 1968. Total Physical Response Method for Second Language Learning. California: San Jose State College.

Brown, D. 2001. Teaching by Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy Second Language. California: San Fransisco.

Brown, D. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Penerjemah: Noor Cholis, Yusi Pareanom. California: San Fransisco.

French, FG. 1948-1950. The Teaching of English Abroad 3 vols. Oxford: Oxford University Press.

Harmer, Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching. England: Longman.

Iskandarwassid dan Sunendar, D. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdkarya.

Rahmat, Doris. 2018. Pembinaan Narapidana dengan Sistem Pemasyarakatan. Pranata Hukum: Jurnal Ilmu Hukum

Ridwan, M. 2016. Implementasi Pembinaan Kepribadian di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 16(3), 323-336.

Nuyten, R. 1994. Pengaruh Teknik Pembelajaran Struktur Bahasa Jerman dan Kepekaan terhadap Musik pada Hasil Belajar Mahasiswa Strata Satu Program Studi Bahasa Jerman FPBS IKIP Jakarta. Tesis. Jakarta: Pascasarjana IKIP Jakarta.

Paquette, K. 2008. Using Music to Support the Literacy Development of Young English Language Learners. http://www.Proquest.com/book/ the-literacy-development-of-young-english-language-learners.

Wagner, D and Zeigner, P. 1982. Mit Liedern Lernen. Munchen: Verlag fur Deutsch.

Lagu Fight Song oleh Rachel Platten: https://www.youtube.com/watch?v=orxn7_hh0iA




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.143-152.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id