Pendampingan Kegiatan Membaca Siswa Kelas III SDN Pilang 1 Melalui Kegiatan Pengabdian Mahasiswa IAIN Palangka Raya

Cindy Putri Maulfani, Rahmad Rahmad, Sulistyowati Sulistyowati

Abstract


Salah satu Tri Dharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Hal ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i KKN MBKM AM IAIN Palangka Raya untuk menerapkan ilmu yang didapatkan dari kampus. Salah satunya yaitu memberikan dampingan kepada siswa yang belum terampil dalam membaca. Adapun kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas III SDN Pilang 1. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan berbasis Service Learning (SL) dimana pendekatan ini berbasis pengalaman yang melibatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SDN Pilang 1. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan membaca permulaan ini yaitu menggunakan menggunakan metode eja. Hasil dari pengabdian ini menunjukan bahwa mahasiswa/i KKN MBKM AM IAIN Palangka Raya berhasil dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III SDN Pilang 1, yang awalnya terdapat siswa membaca masih terbata-bata setelah dilakukannya pendampingan membaca permulaan ini sudah menunjukan perubahan yang cukup baik.


Keywords


Pendampingan; Membaca; Pengabdian

Full Text:

PDF

References


Aftika, S. N. (2020). Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas I SDN Ragunan 012. Skripsi diterbitkan. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV A SD Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75.

Andriani, A. (2021). Pengaruh Media Papan Flanel Kata Berbasis Metode Sas Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan (Penelitian Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri Wonoroto Kabupaten Magelang). Skripsi diterbitkan. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105.

Anissa, N. (2018). Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Tunarungu Di SLB Negeri Bekasi Jaya. Skripsi diterbitkan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Asmaryadi, I. (2021). Studi Strategi Guru Kelas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Proses Pembelajaran Daring Kelas Rendah SDIT Cahaya Hati: Teacher Strategy Study In Improving Beginning Reading Ability In The Process Of Learning In The Classroom Low. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 6(2), 47–61.

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan media komik untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233–242.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1), 10–24.

Mustikawati, R. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 2(1).

Prasetyo, F. A. D. (2018). Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak (Studi Deskriptif Tentang Optimalisasi Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak Menurut Persepsi Siswa Kelas X SMKN 1 Nanggulan Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Setiawan, R. (2022). Penerapan Metode Eja dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Diseleksia Kelas II SLB Negeri Polewali. Skripsi diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Makassar.

Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 143.

Sugiarti, U. (2012). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. 11.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.113-118.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id