Sosialisasi Perbankan Syariah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda

Swadia Gandhi Mahardika, Abiyajid Bustami, Muh Shadiqul Fajri AF, Rinna Ramadhan Ain Fitriah

Abstract


Dasar perbankan syariah mengacu kepada ajaran agama Islam yang bersumber pada al-Qur’an, al-Hadits/ as-Sunnah, dan Ijtihad. “Bank Syariah adalah bank yang kegiatan usahanya dilakukan berdasarkan prinsip syariah. Sedangkan prinsip syariah adalah aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam” (UU No. 21/2008 tentang Perbankan Syariah). Bank Syariah adalah bank yang beroperasi dengan tidak mengandalkan pada bunga. Bank Islam atau biasa disebut dengan Bank Tanpa Bunga, adalah lembaga keuangan/perbankan yang operasional dan produknya dikembangkan berlandaskan pada al-Quran dan Hadits Nabi SAW, dengan kata lain Bank Syariah adalah lembaga keuangan yang memiliki usaha pokok memberikan pembiayaan dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilakukan telah memberikan manfaat kepada para siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda. Para siswa menjadi lebih memahami mengenai perbankan syariah, mulai dari dasar dasar perbankan syariah, perbedaan perbankan syariah dengan perbankan konvensional maupun produk produk yang yang dimiliki oleh bank syariah. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Rekomendasi yang dapat di berikan kepada Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda yaitu kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara reguler dan berkala, dengan melihat tingkat antusiasme para siswa yang sangat tinggi akan materi-materi mengenai ekonomi syariah.


Keywords


Sosialisasi; Bank Syariah;

Full Text:

PDF

References


Gardner, S., Nesi, H., & Biber, D. (2019). Discipline, Level, Genre: Integrating Situational Perspectives in a New MD Analysis of University Student Writing. Applied Linguistics, 40(4), 646–674. https://doi.org/10.1093/applin/amy005

Peters, M. A., Besley, T., & Arndt, S. (2019). Experimenting with academic subjectivity: collective writing, peer production and collective intelligence. Open Review of Educational Research, 6(1), 26–40. https://doi.org/10.1080/23265507.2018.1557072

Tahun, K. K. (2006). Analisis kebijakan penambahan sekolah menengah negeri baru di kabupaten kebumen tahun 2004. 2004.

Udin, U., Dananjoyo, R., Shaikh, M., & Vio Linarta, D. (2022). Islamic Work Ethics, Affective Commitment, and Employee’s Performance in Family Business: Testing Their Relationships. SAGE Open, 12(1), 215824402210852. https://doi.org/10.1177/21582440221085263

Ulia, N., Ismiyanti, Y., & Setiana, L. N. (2019). Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 150. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.3402

Waluyo, B. (2020). Learning Outcomes of a General English Course Implementing Multiple E- learning Technologies and Active Learning Concepts. The Journal of AsiaTEFL, 17(1), 160–181. https://doi.org/10.18823/asiatefl.2020.17.1.10.160




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.69-76.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id