Pemberdayaan Perempuan Buta Aksara melalui Penyelenggaraan Keaksaraan Usaha Mandiri

Kartini Marzuki, Rudi Amir, Muhammad Asri, Fatmawati Gaffar

Abstract


Masih tingginya angka buta aksara yang berkorelasi dengan tingginya angka kemiskinan di Sulawesi Selatan terutama di Kabupaten Bone, menyebabkan perguruan tinggi memberi perhatian khusus ikut berpartispasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyelenggarakan program keaksaraan usaha mandiri berbasis literasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga yang berbasis literasi. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu bentuk kegiatan tridarma perguruan tinggi yang dilaksanakan secara integratif antara perguruan tinggi dengan direktorat pendidikan masyarakat. Proses kegiatan program pendidikan KUM yang terdiri dari kegiatan lebih banyak difasilitasi berupa kegiatan diskusi, membaca materi yang berkaitan dengan keterampilan yang akan diberikan, menulis, berhitung fungsional yang terintegrasi dengan materi pelatihan ketermapilan dan pemasaran, tanya jawab, demonstrasi, praktik dan simulasi. Dampak dari kegiatan ini adalah terbentuknya kelompok usaha mandiri yang dikelola oleh ibu rumah tangga yang mengolah hasil pertanian menjadi produk yang dapat dipasarkan.

Keywords


Pemberdayaan perempuan; keaksraan usaha mandiri; literasi

Full Text:

PDF

References


Hening Ratri. 2015. Pelaksanaan Program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) dengan Pemberdayaan Masyarakat di PKBM Handayani Dea Baureno Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. J+Plus Unesa, 4(1), 1-11. https//jurnalmahasiswa.

Heryanto. 2011. Keaksaraan Fungsional di Indonesia. Jakarta (ID): Mustika Aksara

Kamil, Mustofa. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (konsep dan Aplikasi). Bandung : alfabeta.

Kasenawati., Imsiyah, N., Indrianti, D.T., (2018) Peran Program Keaksaraan Usaha Mandiri Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan Di PKBM Asy Syifa Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Jurnal Learning Community. 2(2), 9-13.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Angka Buta Aksara Indonesia. Jakarta (ID)

Sa’ban, A., Ramuli, M., Hasriana., Midu A.(2021) Meningkatkan Keaksaraan Usaha Mandiri Dengan Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Bahari. Jurnal Humanism, 2(1), 17-20

Suharto, Edi. (2010). Memberdayakan Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Sditama




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1229-1234.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id