Pemanfaatan Aplikasi Untuk Pembelajaran Daring di SD Negeri 27 Sungai Raya Kalimantan Barat

Nurmila Sari Djau

Abstract


Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning masih dilakukan sampai saat ini, namun kurangnya kompetensi guru memanfaatkan aplikasi masih menjadi hambatan dalam melaksanakan pembelajaran daring, salah satunya di SD N 27 Sungai Raya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan aplikasi untuk melaksanakan pembelajaran daring. Kegiatan dilaksanakan dalam 3 tahapan, yaitu: tahap sosialisasi, tahap simulasi, dan tahap implementasi. Pada tahap sosialisasi, peserta mengikuti pengenalan Google secara umum. Pada tahap simulasi peserta secara bersama maupun perorangan mempelajari cara mengoperasionalkan aplikasi google hingga merancang pada mata pelajaran yang dipilihnya. Pada tahap implementasi, peserta mengimplementasikannya pada pembelajaran daring. Hasil dari kegiatan adalah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan aplikasi khususnya Google dari 40% memiliki kompetensi menjadi 80% memiliki kompetesi dasar menggunakan aplikasi untuk pembelajaran daring.

Keywords


Pemanfaatan Aplikasi; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Hernawan, Asep Herry. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Kurniawan, Deni. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung: CV. Pustaka Cendekia Utama

Lukitaningrum, Hesty. 2016.Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Basis Data Di Sekolah Menengah Kejuruan Kelas XI. Skripsi. Yogyakarta: FT UNY.

Sugiyono.2009. MetodePenelitian Pendidikan:PendekatanKuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Daftar Unduhan

https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/29

https://media.neliti.com/media/publications/286945-faktor-faktor-yang mempengaruhi mempengaruhi-pemanfaat-2cbdee3a.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1147-1152.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id