Training of Trainer Fasilitator Outbound Guna Menumbuhkan Basic Skills Generasi Muda

Arina Arina, Balqish Balqish, Davaluna Davaluna, Indie Indie, Rizki Rizki, Silvia Lia Handoyo, Ahmad Ahmad

Abstract


Kondisi masyarakat Indonesia sedang berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan terutama dalam hal mental, karakter, dan kurangnya soft skill generasi muda. Sebagaimana yang saat ini disadari, pandemi covid-19 telah berdampak pada segala aspek tatanan kehidupan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan generasi muda memasuki dunia kerja adalah dengan memfasilitasi mereka dalam hal pengembangan kompetensi diri. Training Of Trainer atau dalam Bahasa Indonesia yakni pelatihan untuk pelatih. Program kerja ini berfokus memberikan basic skill menjadi fasilitator outbound kepada warga belajar. Pada pelaksaannya menggunakan beberapa metode sosialisasi, demonstran, diskusi, role playing dan evaluasi.

Keywords


Training; fasilitator; outbound

Full Text:

PDF

References


Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119. https://doi.org/10.21009/pip.312.6

Darmawan, D. (2017). Penerapan Model Pelatihan on the Job Training (Magang) Dalam Pelatihan Otomotif Yang Di Selenggarakan Oleh Balai Pelayanan Pendidikan Nonformal Provinsi Banten. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(2), 151–155. https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i2.2957

Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 124–132. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48

Nurlaela, L. (2019). General Education Untuk Pengembangan Karakter Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0. 9ProsidingSeminar Nasional 2019PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM MENGHADAPI ERAREVOLUSI INDUSTRI 4.0Surabaya, 21 September 2019, September, 45–49.

Sudarma, U. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing Menuju Indonesia Emas 2045. Sharia: Jurnal Kajian Islam. https://journal.staialandina.ac.id/index.php/sharia/article/view/4

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M.

H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119. https://doi.org/10.21009/pip.312.6

Darmawan, D. (2017). Penerapan Model Pelatihan on the Job Training (Magang) Dalam Pelatihan Otomotif Yang Di Selenggarakan Oleh Balai Pelayanan Pendidikan Nonformal Provinsi Banten. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(2), 151–155. https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i2.2957

Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 124–132. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48

Nurlaela, L. (2019). General Education Untuk Pengembangan Karakter Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0. 9ProsidingSeminar Nasional 2019PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM MENGHADAPI ERAREVOLUSI INDUSTRI 4.0Surabaya, 21 September 2019, September, 45–49.

Sudarma, U. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing Menuju Indonesia Emas 2045. Sharia: Jurnal Kajian Islam. https://journal.staialandina.ac.id/index.php/sharia/article/view/4

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Suhilmiati, E. (2017). REVITALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN TRAINING OF TRAINER (ToT). Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 7(2), 175–180. https://doi.org/10.33367/ji.v7i2.792

Surbakti, S. (2013). OLAHRAGA REKREASI Outbound Training, Management Training Sport. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 12(2), 32–45.

Yunaida, H., & Rosita, T. (2018). OUTBOUND BERBASIS KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Aisyiyah 6 Kota Bandung). Comm-Edu, 1(1), 30–37.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1211-1216.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id