Workshop Pengayaan Pembuatan Proposal Dan Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Di SMK Depok
Abstract
The purpose of this workshop is to provide information, knowledge, and equip teachers in preparing Classroom Action Research proposals in accordance with the problems of learning and education in the classroom and outside the classroom and to foster an academic atmosphere in the school environment so as to improve the quality of education and learning. by conducting research activities. The target audience are teachers of SMK YPPD Depok. This workshop is carried out in several materials including: definition of classroom action research, objectives of classroom action research, benefits of classroom action research, learning problems, learning issues, classroom action research stages, systematics of classroom action research proposals and explanations of each chapter in proposal systematics. classroom action research. This class action research proposal workshop activity has been running well and smoothly and has shown the enthusiasm of the participants so that the training participants' understanding of making classroom action research proposals increases.
Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini memberikan informasi, pengetahuan, dan membekali Guru-Guru dalam menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas sesuai dengan problematika pembelajaran dan pendidikan yang ada di dalam kelas dan di luar kelas dan menumbuhkan atmosfir akademik di lingkungan sekolah sehingga dapat memperbaiki mutu pendidikan dan pembelajaran dengan melakukan kegiatan penelitian. Khalayak sasaran merupakan para guru-guru SMK YPPD Depok. Pelatihan ini dilaksanakan dalam beberapa materi antara lain: definisi penelitian tindakan kelas, tujuan penelitian tindakan kelas, manfaat penelitian tindakan kelas, masalah pembelajaran, isu pembelajaran, tahap penelitian tindakan kelas, sistematika proposal penelitian tindakan kelas dan penjelasan dari masing-masing bab dalam sistematika proposal penelitian tindakan kelas. Kegiatan pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) ini telah berjalan dengan baik dan lancar serta memperlihatkan keantusiasan peserta sehingga pemahaman peserta pelatihan tentang pembuatan proposal penelitian tindakan kelas meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andreas, Priyono. 2001. Petunjuk Praktis Classroom Base Action Researh. Semarang:
Kanwil Depdiknas , Propinsi Jawa Tengah.
Anonim. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikti
Dirjen Dikti, 2005. Pedoman Umum: Pengembangan Sistem Asesmen Berbasis Kompetensi,
Depdiknas: Jakarta.
Hendikawati, P, Rachmani, N, dan Susilo, BE. 2016. Pendampingan Penyusunan Proposal
Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru MI Roudlotul Huda Gunungpati Semarang. Abdimas, Vol.20,No.1 Juni 2016
Hopkins, D. 1985. A Teacher”s. Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open
University Press.
Kardi dan Nur. 2003. Pengantar pada Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas Surabaya: Uni
Press.
Kasihani, Kasbolah, E. S. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan: Jakarta.
Keputusan Menteri Negera Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84/1993 tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan kebudayaan dan Kepala BAKN Nomor
/P/1993, nomor 25 tahun 1993 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Kunandar, 2008, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi
Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mettetal, G. (2001). The What, Why and How of Classroom Action Research. The Journal of
Scholarship of Teaching and Learning (JoSoTL) 2 (1), 6-13.
Nur, Muhammad. 2004. Guru yang Berhasil dan Model Pengajaran Langsung. Surabaya:
Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa
Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Suyanto.1997. Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta : IBRD
Susilo, 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1111-1118.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id