Pelatihan Accurate Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dan Siswa Di SMK Pelita IV

Fanny Anggraeni, Debora Debora, Nuno Sutrisno

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin maju dan kebutuhan untuk menyajikan laporan keuangan dengan cepat dan akurat mendorong para guru dan siswa SMK akuntansi untuk memiliki pengetahuan dan kompetensi yang memadai mengenai penggunaan software accurate. Software accurate merupakan software akuntansi, yang dapat digunakan untuk berbagai jenis transaksi di perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur. Penggunaan software accurate dapat memudahkan pengguna dalam menyusun laporan keuangan dan menyajikannya tepat waktu. Kondisi ini mendorong dosen-dosen di Trisakti School of Management untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan accurate bagi guru dan siswa di SMK Pelita IV, Jakarta. Program pengabdian ini dilaksanakan selama dua hari secara daring. Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan pengenalan terhadap software accurate, cara melakukan pengaturan di dalam accurate, mengerjakan berbagai transaksi dengan accurate, dan menganalisa laporan keuangan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu serta membekali guru dan siswa SMK Pelita IV dalam memahami dan mengoperasikan fitur-fitur dalam software accurate sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dan siswa. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah bertambahnya pemahaman, kemampuan, dan kompetensi peserta pelatihan terkait penggunaan software accurate, sehingga dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah serta menjadi bekal untuk memasuki dunia kerja nanti.

Keywords


Pengabdian masyarakat; pelatihan; accurate; kompetensi

Full Text:

PDF

References


Darmanto, D. (2017, August). Media Altenatif Software Praktikum Akuntansi SMK berbasis Open Source. In Seminar Nasional Ilmu Terapan (Vol. 1, No. 1, pp. C10-1). Diyani, L. A., Rahman, H. A., & Wijaya, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Komputerisasi Akuntansi Perusahaan Dagang Menggunakan “Accurate”. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1).

Utama, A. G. S., & Pratama, D. (2020). Pelatihan Accurate Bagi Guru SMA/SMK Se-Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Solma, 9(2), 316-322.

Suparmun, H., Rudyanto, A., & Sutrisno, P. (2022). Peran Software Akuntansi dalam Membantu Guru-Guru Akuntansi Menghadapi Era Industri 4.0. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 80-85.

Supriyono. 2014. Analisis Pengaruh Perangkat Lunak Accurate Pada Siklus Penjualan. Matics: Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1, No 1 (2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.1009-1014.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id