Peningkatan Kemampuan Guru Menggunakan Aplikasi Quiziz Pada Model Pembelajaran Blended Learning Melalui Kegiatan Pendampingan Di SDN No. 56 Kota Timur Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

Srifitrisno K. Takuwa

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Quiziz pada pembelajaran daring di SDN No.56 Kota Timur Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Quiziz pada pembelajaran daring melalui pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis. Subjek penelitian adalah 8 guru di SDN No. 56 Kota Timur Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dalam tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif. Hasil penilaian observasi kegiatan diskusi menunjukkan bahwa pada kondisi awal perolehan nilai menunjukkan angka 47,08 dalam kriteria KURANG, meningkat menjadi 69,58 dalam kriteria CUKUP pada siklus pertama dan 90,83 dalam kriteria SANGAT BAIK pada akhir siklus kedua. Penjelasan mengenai peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Quiziz pada pembelajaran daring pada kondisi awal sebesar 45,31 dan hanya masuk dalam kualifikasi KURANG, dan pada pelaksanaan siklus pertama menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 69,38 dalam kualifikasi C atau CUKUP dan pada akhir siklus kedua meningkat menjadi 91,25 dalam kualifikasi nilai SANGAT BAIK. Dari segi peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Quiziz pada pembelajaran daring secara individual menunjukkan peningkatan, karena pada siklus pertama ada 4 guru 50,00% yang memenuhi kriteria keberhasilan yaitu masuk dalam kategori BAIK, pada siklus kedua semua guru dinyatakan meningkat keterampilannya dalam menggunakan aplikasi Quiziz pada pembelajaran daring, karena dari 8 guru terdapat 5 guru atau 62,50% yang memenuhi kriteria keberhasilan yaitu masuk dalam kategori SANGAT BAIK dan 3 guru atau 37,50% dalam kriteria nilai BAIK. Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa bimbingan teknis yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 8 guru di SDN No. 56 Kota Timur dinyatakan BERHASIL meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Quiziz pada pembelajaran daring.

Keywords


kemampuan, pembelajaran daring, Quiziz

Full Text:

PDF

References


Amornchewin, Ratchadaporn. 2018. “The Development of SQL Language Skil in Data Definition and Data Manipulation Languages Using Exercises with Quizizz for Students’ Learning Engagement”. Indonesian Journal of Informatics Education. Vol.2, Issue 2, pp 85-90

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. : Rineka Cipta

Boulden, D. C., Hurt, J. W., & Richardson, M. K. 2017. Implementing digital tools to support student questioning abilities: A Collaborative Action Research Report. i.e.: inquiry in education, 91. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1171738.pdf

Danim, Sudarwan. 2011. Pengantar Pendidikan. Bandung : ALFABETA

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia,. Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI : Jakarta

Dwi Siswoyo, dkk, 2007, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press

Dwiyogo, Wasis D. 2018. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Raja. Grafindo.

Hamzah B. Uno, M. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi. Aksara

Hasibuan, Malayu S.P. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran Blended Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya

Isman, M. 2017. Pembelajaran Moda dalam Jaringan Moda Daring. The Progressive and Fun Education Seminar, 586–588.

John Wiley & Sons. Neumeier, Marty. 2005. The Dictionary of Brand. USA: Almaden Press.

Juni Thamrin, 2016. Pola Bimbingan. Yogyakarta: CV.Gre Publishing.

Nurhasanah dan Didik Tuminto. 2007. Kamus Besar Bergambar Bahasa. Indonesia. Jakarta PT. Bina Sarana Pustaka

Poerwadarminta, W.J.S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pohan, Albert Effendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi-Grobogan: CV Sarnu Untung.

Purba, L. S. 2019. Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. JDP. 121 : 29

Robbins, S.P., and Judge, T.A. 2009. Perilaku Organisasi, Edisi Kedua belas, Jakarta: Salemba Empat.

Roestiyah NK, 2011. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan (Jakarta: Bina Aksara, Cet k IV. Muhammad Uzer Usman, 2012. Menjadi Guru Professional (Bandung: Remaja Rosdakarya

Rokhman 2012, Pola Pelatihan dan Bimbingan. Jakarta: Penanda Media Group

Sobron A. N, Bayu, Rani & Meidawati S. 2019. Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019, Semalam 1-5.

Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81 -86.

Suciati dan Prasetya Irawan, 2001. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU PPAI Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Bandung:Refika. Aditama

Suparlan, 2008, Menjadi Guru Efektif, Jakarta: Hikayat Publishing.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Tuminto, Didik. 2007. Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Rajawali Pres

Undang-Undang Republik Indonesia,. Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI : Jakarta.

Zakiyah Darajat, 2015. Kepribadian Guru (Jakarta: Bulan Bintang Edisi VI




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.989-1000.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id