Meningkatkan Kemampuan Menyusun Puisi pada Siswa Kelas V SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Melalui Metode Latihan

Nurmala Tantu

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini Apakah kemampuan menyusun puisi dengan kata-kata sendiri pada siswa kelas V SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato, dapat ditingkatkan melalui metode latihan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Menyusun Puisi dengan kata-kata sendiri pada siswa kelas V SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato melalui metode latihan. Hasil analisis data menunjukkan ada peningkatan motivasi guru dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 20 orang terdapat 8 orang (40%) yang memiliki kemampuan menyusun puisi melalui metode latihan dan pada siklus II meningkat menjadi 17 orang (85%). Dengan demikian, hal ini telah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini bahwa 75% dari jumlah siswa sudah mengalami peningkatan dalam menyusun puisi dengan kata-kata sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Jika digunakan metode latihan, maka kemampuan menyusun puisi dengan kata-kata sendiri di kelas V SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil-hasil yang diperoleh pada siklus I sampai II yang memperlihatkan peningkatan yang cukup baik.

Keywords


Kemampuan menyusun puisi; metode latihan

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2002. Garis-Garis Besar Program Pengajaran dan Penilaian Sistem Semester, Dirjen Dikdasmen: Jakarta

--------------; 2002. Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia, Dirjen Dikdasmen: Jakarta

--------------; 2004. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk Kelas V,

Gramedia: Jakarta

--------------; 2004. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V, Gramedia: Jakarta

Lestari, dkk. 2004. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, PT. Intan Pariwara: Jakarta

Rastuti, dkk. 2004. Pelajaran dan Sastra Indonesia Untuk Sekolah Dasar,PT. Intan Pariwara: Jakarta

Rofiudin, Ahmad dan Darmiyati Zuhdi. 1999. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi, Eresko: Bandung

Suwanto, Agus. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk Kelas V SD,

Gramedia: Jakarta

Tarigan. 1991. Materi Pokok Bahasa Indonesia, Depdikbud: Jakarta

--------------; 2002. Pendidikan Keterampilan Berbahasa, Depdikbud: Jakarta Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa, Eresko: Bandung

Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 1998. Pendidkan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah, Tarsito: Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.977-988.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id