Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Penerapan Supervisi Klinis Model CLCK di SDN 08 Popayato Timur

Belta Tagoe

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini apakah Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) dapat meningkatkan Kemampuan Guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SDN 08 Popayato Timur?. Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatan Kemampuan Guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui pembinaan CLCK di SDN 08 Popayato Timur. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan Kemampuan Guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh analisis kemampuan guru pada setiap siklus. Pada siklus I yaitu dari dari 6 orang guru yang diperoleh bahwa 4 orang atau 66,7% telah memiliki kemampuan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan baik. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 6 orang guru, diperoleh bahwa 5 orang atau 83,3% telah memiliki kemampuan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu apabila Kemampuan Guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar mencapai prosentase 80%, maka penelitian dianggap berhasil. Simpulan dari Penelitian ini adalah penggunaan Pembinaan CLCK dapat meningkatkan Kemampuan Guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SDN 08 Popayato Timur. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar dari observasi awal, siklus I dan siklus II.

Keywords


Kemampuan Guru; Supervisi Klinis model CLCK

Full Text:

PDF

References


Coni Semiawan. 1999. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Depdikbud Dikti. Proyek pendidikan guru sekolah dasar.

Dantes dan Kartadinata. 1996/1997. Landasan-Landasan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Depdikbud. Dirjen Pendidikan Tinggi. Bagian Proyek Pengembangan PGSD.

Hamalik, 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Harjosumarto, Sarbini. 2003. Karakteristik siswa, teori belajar dan teori pembelajaran. Jakarta: DPLP Dirjen pendidikan dasar dan menegah.

Hamalik Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendidikan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Hoetomo.2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: PT. Mitra Pelajar

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Grafindo Persada

Majid Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Masaong Kadim Abd&Tilome A Arfan. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence. Bandung: Alfabeta

Munandar. 2009. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: AV Publisher

Mulyasa.2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.

Msuratman. 2012. Supervisi Klinis model CLCK oleh kepala sekolah. https://msuratman.wordpress.com/2012/03/10/supervisi-akademik-oleh-kepala-sekolah/

Nasution, Noehi dan Budiastra, ketut. 2000. pendidikan ILMU PENGETAHUAN ALAM di Sekolah Dasar. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka : Jakarta.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana membelajarkan ILMU PENGETAHUAN ALAM di Sekolah Dasar. PT. Pustaka Indonesia Press : Jakarta.

Sahertian Piet. A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia)

Saiful Arif.2008. Implementasi Supervisi Klinis model CLCK. Jurnal Tadris3, no. 2.

Samatowa Usman, M.Pd Drs. 2009. Daya Pikir dan Daya Cipta. Gorontalo: @ndragogika press.

Slameto. 1991. Belajar dan faktor . Rineka Cipta: Jakarta.

Sujiono Bambang Dkk. 2005. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka

Suryasubrata. 1991. Cara Mengajar dengan Hasil Yang Baik. Yogyakarta: Kanisius

Sumantri, Mulyani dan Permana, Johar. 1998/1999. Strategi belajar mengajar. Depdikbud, Dirjen Pendidikan tinggi Proyek PGSD

Tasjid.2014. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol. 1, No. 1Supervisi Klinis model CLCK Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.ISSN 2355-9683:Brebes

Tim Pengembang. 2010. Laporan PTS upaya peningkatan kompetensi gurudalam menyusun silabus dan rpp melaluiSupervisi Klinis model CLCK yang berkelanjutandi SMAN 1 Tenjo Kab. Bogor. SMAN 1 Tenjo:Bogor




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.961-970.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id