Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Lesson Study Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Di SDN No.57 Kota Timur

Yeni Salim

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini apakah Lesson study Bahan ajar berbasis potensi lokal dapat meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SDN No.57 Kota Timur ?. Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi profesional Guru di SDN No.57 Kota Timur melalui Lesson study bahan ajar berbasis potensi lokal. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan kompetensi profesional Guru dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh analisis kompetensi profesional Guru pada setiap siklus. Pada siklus I yaitu dari dari 8 orang guru yang diberikan program ini, diperoleh bahwa 5 orang atau 62.5% telah memiliki kompetensi keprofesionalan yang baik. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 8 orang guru yang diberikan program, diperoleh bahwa 7 orang atau 87.5% telah memiliki kompetensi profesional yang baik dalam penyelesaian Lesson study. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu Jika jumlah guru yang mengalami peningkatan kompetensi professional melalui penerapan Lesson study Bahan ajar berbasis potensi lokal, yaitu dari 25% menjadi 80 %. Simpulan dari Penelitian ini yaitu penerapan Lesson study Bahan ajar berbasis potensi lokal dapat meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN No.57 Kota Timur.


Keywords


kompetensi professional Guru, Lesson study Bahan ajar berbasis potensi lokal

Full Text:

PDF

References


Agung, Lilik. 2007. Human Capital Competencies. Jakarta: Elex MediaKomputindo

Anbarini Ratih. 2017. Pengembangan Keprofesian Guru Untuk Peningkatan Profesionalitas. Jakarta: Kemdikbud RI

Arifin.2011. Kompetensi Guru dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: LilinPersada Press

Buchori, Mochtar. 2009. Evolusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: INSISTPress

Darsono. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Abad Ke 21. Jakarta:Nusantara Consulting

Hutapean, Parulian. 2008. Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus, dan Penerapan Untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Jakarta: GramediaPustaka

Ibrahim, Bafadal. 2009. Peningkatan Profesionalisme Guru dalam RangkaPeningkatan Mutu MBS. Jakarta: Bumi Aksara

Lewis, C. 2002. Lesson study: A handbook of teacher-led instructional change. Philadelphia: Research for Better Schools

Lyesmaya,Dyah. 2017. Jurna lPengabdian Pada Masyarakat Volume 2, No. 1, Juni 2017: Page 41-50.Sukabumi: Available online at http://ojs.ejournal.id/index.php/ppm

Sudrajat, A. 2008. Lesson Study Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran.Semarang.http: //akhmadsudrajat.wordpress.c om/2008/02/22 diakses Januari 2018

Sagala, Syaiful, 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung. Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum BerbasisKompetensi. Jakarta: Prenada Media Group

………………… 2008. Kompetensi prosional guru. https://www.eurekapendidikan.com/2008/06/kompetensi-profesional-guru.html

Widowati.A. 2012. Optimalisasi Potensi Lokal Sekolah Dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Konstruktivisme. Majalah Ilmiah Pendidikan. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNY




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.951-960.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id