Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik di SDN No. 93 Kota Utara Kota Gorontalo

Adriyanti Pakaya

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini apakah supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar di SDN No. 93 Kota Utara Kota Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar di SDN No. 93 Kota Utara Kota Gorontalo. Hasil analisis data menunjukkan ada peningkatan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar di SDN 93 Kota Utara Kota Gorontalo pada siklus I dan siklus II. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil observasi kompetensi guru dalam menyusun tes hasil belajar pada setiap siklus. Pada siklus I dari 8 orang keseluruhan jumlah guru, terdapat 5 orang atau sebanyak 62,5% yang telah meningkat keterampilannya. Pada siklus yang ke II terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menysun tes hasil belajar di SDN 93 Kota Utara Kota Gorontalo. Dalam konteks ini persentase perkembangan kemampuan guru menyusun tes hasil belajar meningkat menjadi 87,5% atau 7 dari 8 orang guru. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa supervise akademik mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar di SDN 93 Kota Utara Kota Gorontalo. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil-hasil yang diperoleh pada siklus I sampai II yang memperlihatkan peningkatan yang cukup baik.

Keywords


Kemampuan guru, supervise akademik, tes hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Allen dan Yen. 1979. Introduction to measurement Theory. Monterey: Brooks/cole.

Amir Daien Indrakusuma. 1993. Evaluasi Pendidikan. Malang: Penerbit IKIP Malang.

Anastari. 1982. Pengertian Tes Hasil belajar.definisipengertian.com/2012. pengertian-definisi-tes-menurut-para-ahli. Diakses 10 maret 2022

Dodd. W.A. 1972. Primary School Inspection in New Countries. London: Oxford University Press.

Etty M. Nasser. 2003. Perbandingan Kinerja Bank Pemerintah dan bank swasta dengan rasio CAMEL serta pengsruhnya terhadap harga saham. Media Riset Akuntansi. auditing. dan informasi. vol.3. No.3. Desember. 217-236.

Gwynn. J.M. 1961. Theory and Practice of Supervision. New York: Dodd. Mead & Company.

Mimin Haryati. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Gaung persada press. Jakarta:

Puspendik. 2018. Pedoman Penyusunan Soal USBN. Jakarta

Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga kependidikan. Jakarta.

Sergiovanni. T.J. 1982. Supervision of Teaching. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Sahertian. Piet A. 2000. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Tasjid.2014. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol. 1, No. 1Supervisi Akademik Berkelanjutan Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.ISSN 2355-9683:Brebes




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.931-938.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id