Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SDN 15 Kota Barat

Serly K Jusuf

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini apakah supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi penilaian di SDN 15 Kota Barat?. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SDN 15 Kota Barat melalui supervisi akademik di SDN 15 Kota Barat. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan kompetensi guru dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh analisis kompetensi guru pada setiap siklus. Pada siklus I yaitu dari 9 orang guru yang disupervisi, diperoleh bahwa 4 orang atau 44% telah memiliki kompetensi menyusun administrasi penilaian yang baik. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 9 orang guru yang disupervisi, diperoleh bahwa 8 orang atau 89% telah memiliki kompetensi guru yang baik. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu apabila kompetensi guru menyusun administrasi penilaian di SDN 15 Kota Barat mencapai prosentase 75%, maka penelitian dianggap berhasil. Simpulan dari Penelitian ini adalah supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi penilaian di SDN 15 Kota Barat. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan dari observasi awal, siklus I dan siklus II.

Keywords


Supervisi Akademik; Kompetensi guru

Full Text:

PDF

References


Fahmi Irham. 2011. Manajemen Kompetensi guru Teori dan Aplikasi.. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Depdiknas. 2006. Supervisi Akademik dalam peningkatan profesionalisme guru. Direktorat Tenaga

Kemdiknas. 2009. Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional

Mulyasa.2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.

Msuratman. 2012. Supervisi akademik oleh kepala sekolah. https://msuratman.wordpress.com/2012/03/10/supervisi-akademik-oleh-kepala-sekolah/

Nasution, Noehi dan Budiastra, ketut. 2000. pendidikan ILMU PENGETAHUAN ALAM di Sekolah Dasar. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka : Jakarta.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana membelajarkan ILMU PENGETAHUAN ALAM di Sekolah Dasar. PT. Pustaka Indonesia Press : Jakarta.

Samatowa Usman, M.Pd Drs. 2009. Daya Pikir dan Daya Cipta. Gorontalo: @ndragogika press.

Slameto. 1991. Belajar dan faktor . Rineka Cipta: Jakarta.

Sujiono Bambang Dkk. 2005. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka

Suryasubrata. 1991. Cara Mengajar dengan Hasil Yang Baik. Yogyakarta: Kanisius

Sumantri, Mulyani dan Permana, Johar. 1998/1999. Strategi belajar mengajar. Depdikbud, Dirjen Pendidikan tinggi Proyek PGSD

Tasjid.2014. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepenelitian Vol. 1, No. 1Supervisi Akademik Berkelanjutan Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.ISSN 2355-9683:Brebes

Tim Pengembang. 2010. Laporan PTS upaya peningkatan kompetensi gurudalam menyusun silabus dan rpp melaluisupervisi akademik yang berkelanjutandi SMAN 1 Tenjo Kab. Bogor. SMAN 1 Tenjo:Bogor

Uzer, Usman dan Setiawati. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Remaja Rosda karya: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.921-930.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id