Pelatihan dan Pendampingan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Metode Eja (Spelling Method)

Dzaky Isyuniandri, Faridahtul Jannah, Diana Muniro, Ulfi Kurniawati

Abstract


Salah satu Tri Dharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut memberikan kesempatan kepada peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk menerapkan ilmu yang di dapat di kampus. “Pelatihan dan Pendampingan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Metode Eja (Spelling Method) di MIS Dlauul Islam Brumbungan Lor Pasca Covid-19” bukan hanya mengabdi kepada masyarakat tetapi juga merupakan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu di bidang pendidikan. Tujuan pendidikan adalah menciptakan seseorang yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita-cita yang di harapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan. Pendidikan itu pula memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Objek dalam pengabdian masyarakat ini merupakan siswa MIS Dlauul Islam Brumbungan Lor. Lokasi MIS Dlauul Islam di JL. Masjid Al-Hidayah, Brumbungan Lor, Kec. Gending, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. Metode yang digunakan yaitu dengan pelatihan dan pendampingan kepada siswa menggunakan metode eja (spelling method). Pelatihan dan pendampingan ini memberikan dampak positif, dari minggu pertama hingga minggu ketiga. Peserta Kuliah kerja Nyata berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa MIS Dlauul Islam. Buktinya adalah beberapa siswa yang semula tidak dapat membaca menjadi dapat mengeja dengan baik dan 80% siswa membaca dengan lancar.

Keywords


pelatihan, pendampingan, kemampuan membaca

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2017). Dasar, Membudayakan Literasi dengan Program 6 M Di Sekolah. “Dasar, Membudayakan Literasi Dengan Program 6 M Di Sekolah”. JPSD Vol. 3(1):42-52, Vol. 3(1), 42–52.

Damayanti, S. I. (2021). pelatihan dan pendampingan (Literasi Baca) Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa MI Tarbiyatul Islam. Pelatihan Dan Pendampingan (Literasi Baca) Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa MI Tarbiyatul Islam. Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech, 02(01).

Ihsanuddin. (2020). Fakta lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Website://Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia Halaman all - Kompas.com.

Indonesia, T. C. (2020). Corona, Kelas Daring, dan Curhat 2 Guru untuk Orang Tua. Corona, Kelas Daring, dan Curhat 2 Guru untuk Orang Tua (cnnindonesia.com).

Khairiyah, U. (2019). Pendampingan Penggunaan Media Literasi Big Book Siswa Kelas Awal di Desa Plumpang Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Abdimas Berdaya, 2(1), Pp. 2685-1563.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.849-856.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id