Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo

Sovia Yakoba Warsa, Sri Wahyuningsi Laiya, Rapi Us Djuko

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group pretest posttest, prosedur pengumpulan data melalui test dan observasi. Berdasarkan hasil analisis pada pengujian hipotesis diterima, dilakukan pengujian dengan uji-t. dan hasil perhitungan uji hubungan antara kedua data atau hubungan variabel sebelum dan sesudah diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 16,247 dengan nilai signifikasi sebesar 2,086. Karena nilai sig. 2,086 > probabilitas 0,05, maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Hi diterima. Oleh karena thitung lebih besar dari ttabel dan tidak berada pada daerah penerimaan. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan anak mengenal huruf sebelum dan sesudah menggunakan metode bernyanyi.

Keywords


mengenal huruf, metode bernyanyi, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Alfani. 2020. Pengaruh Media Augmented Reality (AR) Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vocal Pada Anak Usia Dini. Jurnal Islamic Early Chilhood Education, Volume.1, Nomor. 1

Ernasari. 2020. Skripsi: Efektivitas Metode Bernanyi Terhadap Kemampuan Menganal Huruf Anak Kelompok A PAUD Satria Jaya Desa Balad Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon.

Etianingsih . 2016. Skripsi. Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok A Dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf Di Tk Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumber Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

H. Oktina, dkk. 2015. Permainan Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Lambang Bilangan Dan Huruf Anak. Jurnal Pendidikan Anak, Vol .1, No. 5

Mursid. 2016. Pengembangan Pembelajaran Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: PT. Alfabeta

W Kapiso, R U. Djuko, S W. Laiya.2021.Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Student Journal Of Early Childhood. Vol. 1, No. 1

Wildayanti Rahim, Nurlailah. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B KB Puncak Mewatang Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini Al-Atfal, Vol. 3, No. 1

N P Febryani, dkk. 2014. Penerapan Make A Match Berbantuan Media Dadu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Anak. E-journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 No. 1

Lestari, T. 2013. 11 Tahap Cepat Pinta Membaca. Jakarta: PT Trans Media

Rasyid, dkk. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Suyadi & Dahlia. 2017. Implementasi Dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.739-748.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id