Penggunaan Aplikasi Google Maps dan Imooji Sebagai Media Promosi UMKM Desa Tiyaran

Ayuk Sri Lestari, Novita Wahyuningsih, Nindita Maharani, Lucky Sanjaya, Ardian Prima Putra, Ainur Khomariah

Abstract


Desa Tiyaran adalah salah satu Desa di Kecamatan Bulu Sukoharjo yang mayoritas penduduknya memiliki usaha UMKM namun memiliki keterbatasan pengetahuan dalam pemasaran maupun promosi. Adapun usahanya seperti toko kelontong dan menjual makanan. Sebagian besar UMKM di Desa Tiyaran belum melakukan Promosi melalui Media digital. Rata -rata promosi mereka dari mulut ke mulut dan yang membeli juga dari penduduk sekitar. UMKM di Desa Tiyaran bisa di optimalisasikan melalui penggunaan aplikasi Google Maps dan Immoji sebagai Media Promosi. Tujuan Pengabdian yang dilakukan adalah melakukan transfer ipteks kepada Masyarakat Desa Tiyaran yang memiliki usaha. Melalui Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan aplikasi Google Maps dan Immoji sebagai sarana promosi. Metode Pelaksanaan Program terdiri dari Sosialisasi awal terhadap mitra UMKM, Pelatihan penggunaan aplikasi Google Maps dan immoji selanjutnya dilakukan pendampingan untuk usaha UMKM. Hasil Pengabdian yang dilakukan terdapat peningkatan kemampuan dalam melakukan promosi dan pemasaran khususnya di penggunaan Google Maps dan immoji sebagai sarana media promosi. Dampak setelah dilaksanakannya pelatihan adalah mitra UMKM mengalami peningkatan pengetahuan  sebesar 40 % dibandingkan skor pretest. Luaran Pengabdian yang dilakukan adalah usaha UMKM sudah masuk Google Maps dan memiliki aplikasi immoji untuk promosi di whatsapp.


Keywords


Pelatihan, Google Maps, Immoji, Media Promosi, UMKM

Full Text:

PDF

References


Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Insani, S. F., Syahrial, Y., & Putra, A. P. (2022). Optimalisasi Aplikasi Google Maps sebagai Alternatif Media Promosi pada UMKM di Shelter Taman Sriwedari. 25(1).

Laksana. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Masyarakat, J. P., Ardhianto, E., Lestariningsih, E., Handoko, W. T., Soelistijadi, R., Informatika, S. T., Studi, P., Informasi, S., Stikubank, U., & Author, C. (2022). Pemanfaatan peta google sebagai sarana promosi melalui penandaan lokasi usaha rumahan di paguyuban warga lentera prigi mranggen demak. 2(2), 78–83.

Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran Umkm Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1), 33. https://doi.org/10.24167/jkm.v1i1.2848

Supriyanto, B. E., Ajie, I. Y., Biamrillah, M. A., & Yusuf, S. (2022). Analisis Peluang Social Media Marketing Untuk Memasarkan Produk UMKM Cibodas Jasa Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(2), 241–248.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.887-894.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id