Teachers’ Strategy In Intilling Character Values In Students Within Online Learning During Pandemic

Nurhayati Tine, Agil Bahsoan, Samsi Pomalingo, Nurfadila Paputungan

Abstract


Problem statement in this current research in that how is the teacher’ strategy in intilling character values in students at SDN 03 Kabila, Bone Bolango Regency within online learning during pandemic? The research aims ti find out the intillment of character values in student at SDN 03 Kabila, Bone Bolango Regency. This research is classified as qualitative research where it is conducted through obsevasition, interview, and documentation. The research findings discover that there are eight-character values intilled by the teachers within online learning, and they include a) responsibility, b) discipline, c) honesty, d) independence, e) creativity, f) tooerance, g) social care, and h) love and peace. In conclusion, the instillment of character values is a pivotal factor in building a good character of nation’s youth so that it must be taught from a early age through elementaru education. Addnomally, the implementation of character education in student should be done through daily habituation and integration with classroom learning activity so that the students can be a better generation in the future

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi di SDN 03 Kabila Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai karakter pada siswa di SDN 03 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ditemukan strategi guru dalam menanamkan nilai karakter siswa selama pembelajaran daring itu ada 8 (delapan) karakter, yaitu (a) nilai karakter tanggungjawab, (b) nilai karakter disiplin, (c) nilai karakter jujur, nilai karakter mandiri, (e) nilai karakter kreatif, (f) nilai karakter toleransi, (g) nilai karakter peduli sosial, dan terakhir (h) nilai karakter cinta damai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai-nilai karakter merupakan faktor yang sangat penting dalam membangun karakter anak bangsa yang baik, kemudian penanaman karakter harus diajarkan sejak dini melalui jenjang pendidikan dasar. Implemantasi pendidikan karakter pada peserta didik harus dilakukan dengan melalui pembiasaan setiap hari maupun integrasi dengan kegiatan pembelajaran di kelas sehingga siswa dapat menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.


Keywords


Teachers, Character, Guru, Karakter

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Bungin. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif “Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi”. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Halidu, Salma. (2018). Bimbingan Konseling Di SD. Gorontalo: Ideas Publishing Herdiansyah. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial.

Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyadi, (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta. Nuha Litera.

Narimawati Umi. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Sugiyono, (2006), Statisktika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta,

Bandung

Sutrisno E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.1.269-278.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id