Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas X SMA Negeri 1 Kabila

Rano Kadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru yang memberikan tindakan dan penerima tindakan adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kabila yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang dapat dilihat dari indikator, yaitu : 1) Siswa yang turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya sebelum tindakan 33,33% dan di akhir tindakan menjadi 96,67%, 2) Siswa yang terlibat dalam pemecahan masalah sebelum tindakan 30% dan di akhirtindakan menjadi 83,33%, 3) Siswa berani bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami yang dihadapinya sebelum tindakan 16,67% dan di akhir tindakan menjadi 70%, 4) Siswa berusaha mencari informasi yang diperlukan untuk memecahkan masalah sebelum tindakan 26,67% dan di akhir tindakan menjadi 83,33%, 5) Siswa yang melaksanakan diskusi kelompok sesuai perintah guru sebelum tindakan 50% dan di akhir tindakan menjadi 93,33%. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa prakarya dan kewirausahaan kelas X IPS SMA Negeri 1 Kabila.

Keywords


keaktifan belajar, discovery learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Boeree, C. G. (2006). Metode Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ardana, Komang. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan siswa’ JIPP Volume 3 Nomor 1 (2019): April 2019.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Suhery, T., dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Modul D). Materi Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Rayon 4 Universitas Sriwijaya.

Trisnawati, Matsna Affi. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Keaktivan Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya dan kewirausahaan Kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial 1 Sekolah Menengah Atas Negeri I Slogohimo, Wonogiri Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi. Surakarta: UMS (Tidak Dipublikasikan).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.669-674.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id