Peningkatan Hasil Belajar Qur’an Hadist Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa MA Al-Khairaat Popayato

Ramlin Daud

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MA Al-Khairaat Popayato pada mata pelajaran Qur’an Hadist. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan sujek penelitian siswa kelas X MA Al-Khairaat Popayato. Hasil dari penelitian ini penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik menyangkut kegiatan guru, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, serta berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MA Al-Khairaat Popayato. Hal ini dapat dilihat pada hasil yang dicapai berikut ini : a) Aktivitas guru mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 76.92% yang terlaksana meningkat pada siklus II sebesar 100% yang terlaksana. b) Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 54,54% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas. c) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 71,75% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas.

Keywords


Pembelajaran kooperatif model Tipe Talking Stick, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Hamalik Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara: Jakarta

Kiranawati. 2007. Metode Pembelajaran Talking Stick. http://gurupkn.wordpress. com/2007/12/01/talking-stick/. Tanggal 1 Desember 2007

Muhfida. 2009. Model Pembelajaran. http://www.muhfida.com/model pembelajaran.html. tanggal 4 Juli 2009

Popham W. James dan Eva L. Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan: Amirul Hadi, dkk). Rineka Cipta : Jakarta

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.663-668.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id