Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narrative Melalui Pictures Series Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Marisa

Parhani Ahmad Karim

Abstract


Masalah pokok yang diangkat dan dipecahkan lewat penelitian tindakan kelas ini adalah kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris di dalam kelas yang masih belum bias dipahami oleh siswa, karena belum merefleksikan karakteristik proses belajar bahasa inggris yang baik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan nilai hasil Belajar Bahasa Inggris ketrampilan menulis teks recount. Hipotensi tindakannya adalah melalui penggunaan pictures series dalam pembelajaran writing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bahasa Inggris dalam penguasaan jenis teks (genre) kususnya teks recount. Penelitihan tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus. Dalam penelitian ini teknik dan alat pengumpul data yang dipergunakan oleh peneliti adalah melalui test tertulis dengan uraian dan pemahaman gambar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Marisa selama 6 bulan, dari Juni sampai Desember 2018. Data penelitian menggunakan analisis metode tindakan kelas yaitu, membandingkan nilai rata-rata pada kondisi awal dengan antara siklus I, siklus 2 dan siklus 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentasi perolehan nilai rata-rata dari kondisi awal ke siklus I masihsama rata ratasiswa 45.75, kalau diprosentasi 0,7%, sedangkannilai rata-rata padasiklus I dengansiklus II terdapatpeningkatan 54.88%. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif antara penggunaan gambar bias menambah nilai. Kemudian untuk siklus III nilai siswa dalam pembelajaran writing penguasaan jenis teks (genre) kususnya recount teksdengan picture Series meningkat 75.56%. Berdasarkan pengembangan kajian teori, kerangka berpikir dan pengajuan hipotesis terbukti melalui penggunaan Pictures SERIES (Gambar-gambar Berseri) dapat meningkatkan nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Permasalahan pokok yang akan dipecahkan lewat penelitian tindakan kelas ini adalah upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris. Hipotesa tindakanya adalah melalui pictures series pembelajaran Bahasa Inggris dalam menulis teksr icounthas ilnya meningkat.

Keywords


Teks Narrative, BahasaInggris, Pictures Series

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia , 2005

Arikunto, Suharsimi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Mulyana, Slamet.2007. Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pengembangan Profesi Guru. Bandung: LPMP.

Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosda karya.

Suhardjono et.al. 2005. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: Dirjen Dikgu dan Tentis.

Wibawa, Basuki. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendasmen Dirtendik: 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.655-662.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id