Peningkatan Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Kelas X SMA Negeri 1 Telaga

Fidyawati Nantu

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian difokuskan pada keaktifan belajar siswa. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan melalui dua bentuk yakni analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif index card match dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keaktifan siswa, kinerja guru, dan hasil belajar dalam proses pembelajaran. Peningkatan keaktifan siswa terbukti dengan sebelum diadakan penelitian, pada pra siklus diperoleh rata-rata keaktifan siswa dengan persentase sebesar 43,7%. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh rata-rata keaktifan siswa dengan persentase sebesar 70%. Pada siklus II ini rata-rata keaktifan siswa dengan persentase mencapai indikator pencapaian yakni ≥ 75% yaitu mencapai 88,57%. Simpulan dari hasil penelitian adalah strategi pembelajaran aktif index card match mampu meningkatkan keaktifan siswa dan kinerja guru dalam suatu proses pembelajaran. Peningkatan ini juga diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Saran untuk guru sejarah, dapat menggunakan strategi pembelajaran aktif index card match sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta menjadikan pembelajaran sejarah yang menarik dan menyenangkan. Saran bagi siswa, agar lebih aktif dan berani untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat setelah mengetahui dan memahami strategi pembelajaran aktif index card match dan lebih konsentrasi serta fokus pada waktu proses pembelajaran berlangsung.

Keywords


Keaktifan Siswa, Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

B. Uno, Hamzah dan Mohamad, Nurdin. 2011. Belajar dengan pendekatan PAILKEM: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Aktof, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fajarwati, Ari. 2009. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Minat Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui model Index Card Match (Mencari Pasangan). Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hamalik, Oemar 2009a. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

............ 2009b. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hisyam, Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Ibrahim,R. & Syaodih, Nana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H.E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Roesdakarya.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Beroriantasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silbermen, Melvin. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta : PT Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.627-634.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id