Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan Berdasarkan Gambar Seri Melalui Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Erna Panigoro

Abstract


Dari hasil observasi ternyata ketika diberikan soal Bahasa Indonesia di kelas X dari 36 siswa 50% yang bisa mengerjakannya dan sebagian lagi masih ada yang kesulitan untuk mengarang suatu tulisan. Peneliti melaksanakan perbaikan dalam Bahasa Indonesia dengan tiga siklus perbaikan, sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran yang penulis susun. Hal ini dibuktikan pada pengamatan yang dilakukan oleh teman sejawat sebagaimana tercantum pada pengolahan data dan temuan. Adapun hasilnya sebagai berikut: Pada hasil penelitian mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan yaitu ; Siklus I = 66,11%, Siklus II = 76,66% dan Siklus III = 88,88%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Hasil ini menunjukkan upaya guru yang tercantum dalam langkah-langkah kegiatan pembelajaran memeperoleh keberhasilan. Dengan mengubah strategi pembelajaran yang dilaksanakan dalam perbaikan pembelajaran pada setiap siklusnya telah membawa perubahan terhadap penguasaan materi pembelajaran, hal in ternyata sangat menggembrikan pada peneliti. Meskipun hasilnya belum cukup memuaskan, namun sudah nampak perubahan dari hasil perbaikan.

Keywords


Metode Demonstrasi, Keterampilan

Full Text:

PDF

References


Guntur Tarigan, (2000). Keterampilan menyimak,membaca,berbicara dan menulis, Bandung: Rosda.

Karsidi & Nafron H, (2006). Gemar Berbahasa Indonesia 5. Solo: Tiga Serangkai Pustaka mandiri

MB. Rahimsyah. (2005). Cerita Rakyat Nusantara. Surabaya: Karya Gemilang Utama.

Puji Santosa, dkk. (2007). Materi dan Pembelajaran SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Suciati.dkk, (2003), Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.

Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. bandung: alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Rev.). Bandung: PT.Angkasa.Tim FKIP. (2009). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta:Universitas Terbuka

Wardni, I.G.A.K. dkk, (2002), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.613-618.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id