Penggunaan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Peserta Didik Dalam Melakukan Tanya Jawab Bahasa Inggris Kelas X SMK Negeri 1 Suwawa Tahun Pelajaran 2019/2020

Erlis Madina

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berbicara bahasa Inggris. Guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dalam melakukan percakapan pendek tentang meminta dan memberi informasi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, dimulai dari penyusunan studi kasus (case study). Guna mengoptimalkan penelitian dan pengumpulan data peneliti dibantu oleh seorang guru bahasa Inggris sebagai guru mitra yang bertugas sebagai observer pada penelitian ini. Dalam penelitian tindakan, dilakukan penjajakan awal untuk mengetahui situasi dan kemampuan peserta didik sebelum pelaksanaan tindakan. Pengenalan situasi awal ini merupakan bagian dari perencanaan. Berdasarkan perencanaan itu dilakukan tindakan, observasi dan refleksi. Peningkatan kualitas pembelajaran diikuti pula oleh peningkatan hasil belajar siswa pada materi percakapan meminta dan memberi informasi yang diajarkan. Analisis hasil belajar menunjukan bahwa 18 dari 22 siswa yang dikenakan tindakan memperoleh hasil belajar 70 keatas dan dinyatakan tuntas belajar. Ketuntasan ini juga terjadi pula pada materi yang diajarkan, karena dari 5 butir soal yang diberikan pada akhir pembelajaran siklus II, hamper seluruhnya dinyatakan tuntas dengan daya serap 70% keatas untuk setiap butir soal. Dari hasil pengamatan dan interpretasi data pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif think pair share pada pembelajaran ketrampilan berbicara tentang percakapan meminta dan member informasi dalam bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Keywords


kemampuan berbicara, Tanya jawab

Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Rineka Cipta. Arki, Andi Khaerunnisa Hardyanti, Army Auliah, Iwan Dini. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa). Jurnal Chemica Vol. 18 No. 2 Hal. 71 – 79. Tersedia Pada: http://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/5899.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Hartina. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Skripsi. Jurusan Kimia FMIPA, UNM.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, dkk. 2011. Pengertian Think-Pair-Share. (http://ofiiick.blogspot.com/2011/08/modelpembelajarankooperatif.html?zx=7e6c231b57 75402b. Tanggal akses, 3 Januari 2015, @ 17.01 WITA).

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.

Nur, Muhammad. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNNESA Persada.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 2006. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.

Tarigan, H.G. 1985. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.605-612.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id