Meningkatkan Budaya Belajar Siswa Pada Meningkatkan Budaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas XI. IA SMA Negeri 4 Gorontalo Melalui Teknik Behavior Contract

Husin Diko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan budaya belajar anak pada pembelajaran matematika di kelas XI.IA SMA Negeri 4 Gorontalo dengan teknik behavior contract. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.IA.3 SMA Negeri 4 Gorontalo berjumlah 30 orang yang usianya di antara 16 - 17 tahun. Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri apakah siswa sudah dapat meningkatkan budaya belajarnya dalam pembelajaran. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah anak yang memperlihatkan peningkatan budaya belajar yang diharapkan, seperti yang nampak pada pada siklus I 48% siswa yang mempunyai budaya belajar, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 65% dan pada siklus Ill mencapai 75%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 75% atau 23 orang dari 30 siswa sudah mempunyai budaya belajar yang baik. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni "jika digunakan teknik behavior contract maka budaya belajar siswa dapat ditingkatkan" diterima

Keywords


Budaya Belajar Siswa, Teknik Behavior Contract

Full Text:

PDF

References


Anastasi dan Urbina, 1997. Manajemen Ungkungan. Jakarta: Gramedia

Widiasarana Indonesia.

Depdiknas, 2002. Pedoman Pengembangan Ku/fur Seka/ah. Jakarta: Dikmenum

Gagne. Behavior In Education. New York: Educational Technology

Publication Inc., 1984.

Hasibuan dan Moejiono, 2000. Proses Be/ajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Romlah,1989. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Depdikbud: Dikti Proyek

Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Schaefer, 2000. Rewards and Motivation. USA: Irwin-McGraw Hill.

Slameto,2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Tatiek, 1989. Bimbingan Kelompok Melalui Permainan Peran. Direktorat

Pendidikan Tinggi. Jakarta

Tjong, Peranan Ungkungan dalam Pembelajaran. (Http:/1/wwwbpk

penabur. orlidliurnal/021001-016.pdf)

Umberto, 2000. (Http:/1/wwwbpk diknas.orlid/iurnal/021001-016.pdf)

User, Mohamad dan Lilis Setiawati, 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan

Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakar.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.503-516.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id