Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 4 Gorontalo

Saifullah A. Hasan

Abstract


Untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah, maka peneliti akan meneliti dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Model pembelajaran Talking Stick merupakan model pembelajaran yang menggunakan alat berupa tongkat sebagai alat bantu bagi guru untuk mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan menimbilkan suasana yang menyenangkan. Tongkat tersebut digilirkan pada siswa dan bagi siswa mendapatkan tongkat sesuai dengan aba-aba dari guru, maka siswa diberikan pertanyaan oleh guru dan harus dijawab. Maka dari itu, penggunaan model pembelajaran Talking Stickini diharapkan dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat memotivasikan siswa dalam mengikuti pembelajaran secara aktif dan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa untuk waktu selanjutnya.

Keywords


Model Pembelajaran, Talking Stick

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamara, Syaiful Bahri. 1999. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha

Nasional.

E, Mulyasa. 2013. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakrta: Remaja

Rosdakarya.

Hamalik,Oemare. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Coomperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hayun, Subhan Dan Nobertina Ataphary. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Talking Stick Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal. Vol 3 (7).

Diakses

http://e-jurnalmitrapendidikan.com

Jefri Dan Junaidin. 2019. Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan

Partisipasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X IPS 1 SMA Negeri

Bukitting. Jurnal. Vol 2 (3). Diakses perspektif@ppj.unp.ac.id

Kurniasih, Imas Dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.

Jakarta: Kata Pena.

Lestari, Ni Ketut Triani . 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu

Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Vol 1 (4).

Lei, Anita. 2002. Coomperative Learning Mempraktikkan Coomperative Learning Di

Ruangan Kelas. Jakarta: Pt. Grasindo Widia Saran Indonesia.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Solihatin, Etin Dan Raharjo. 2008. Coomperatif Learning Analisis Model Pembelajaran

IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman, Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Sardiman. 2004. Interaktif Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Suanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran . Jakarta: Kencana.

Suharmin Arikunto, Dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus. 2013. Coomperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suyono, Dkk. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wicaksono, Hardika Tri Dan Henny Dwi Koeswanti. 2019. Penerapan Model

Pembelajaran Talking Stick Berbasis Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Menuatan Matematika.Jurnal. PGSD. Vol 3 (1) diakses holistika@umj.ac.id

Wijayanti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar

IPS. Jurnal Vol 3 (2). Diakses

http://dx.doi.org/10.17977/um022v3i22018p081




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.483-502.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id