Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Semester Ganjil pada Bimbingan TIK tentang Penggunaan Dasar Internet atau Intranet di SMP Negeri 1 Marisa Tahun Pelajaran 2021/2022

Almuzhir Almuzhir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Marisa selama proses pembelajaran pada bimbingan TIK melalui penerapan model pembelajaran project based learning. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan sekolah (School Action Research), yang dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah proses pembelajaran di sekolah dan dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. siswa kelas IX SMPN 1 Marisa, yang berjumlah 48 siswa. Mata pelajaran yang menjadi sasaran penelitian adalah mata pelajaran bimbingan TIK. Teknik pengumpulan data dengan kegiatan observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Marisa pada materi melakukan TIK tahun pelajaran 2021/2022. Sebelum dilakukan penelitian, persentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 38%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 65% dan pada siklus II mencapai 90%.Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Marisa


Keywords


HasilBelajar, Model Pembelajaran Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto. Suharsimi. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah. Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan

Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2010. Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.

RajaGrafindo Persada. Jakarta

Samino, Saring Marsudi. 2011. Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairuz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata. Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya

Wibowo. Agus. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.425-436.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id