Pengembangan Literasi Wisata sebagai Usaha Terwujudnya Sustainable Tourism Di Desa Tondongkura

Kartini Marzuki, Abdul Saman

Abstract


Pembangunan sektor pariwisata merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat baik di tingkat lokal maupun global. Pengelolaan desa wisata yang berbasis potensi lokal akan menjamin tingginya kepedulian dan partisipasi masyarakat untuk senantiasa berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan destinasi wisata yang dijadikan sebagai desa wisata. Sustinability sektor wisata di daerah sangat ditentukan oleh tingkat literasi wisata dan kebermanfaatan desa wisata bagi masyarakat terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu kegiatan pengembangan desa wisata yang dilakukan adalah berfokus pada peningkatan literasi dan partisipasi masyarakat melalui pelatihan keterampilan membuat buah tangan dan souvenir yang dapat memberdayakan masyarakat melalui kunjungan wisata pada destinasi wisata Tondongkura

 


Keywords


Literasi wisata, sustainable tourism, desa wisata

Full Text:

PDF

References


Dewi, M. U., Fandeli, C., & Baiquni, M. (2013). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal. Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 129-139.

Inskeep, E. (1991). Tourism Planning: An Integrated and Sustainable Development. New York: Wiley.

Ozyavus, M. (2012). Tourism Planning in Rural Areas and Organization Possibilities. In T. Kiper, & G. Ozdemir, Landscape Planning (pp. 123-146). Croatia: In Tech

Kumar, C. (2005). Revisiting 'cummunity' in Community-based Natural Resource Management. Community Development Journal, 40(3), 275-285.

Macdonald, R., & Jollife, L. (2003). Cultural Rural Tourism: Evidence from Canada. Annals of Tourism Research, 30(2), 307-322.

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Remaja. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.383-390.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id