Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Program Belajar Dari RumahDi SMP Negeri 2 Marisa Kabupaten Pohuwato Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

Triso Suleman

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan yang dialami guru di SMPN 2 Marisa Kabupaten Pohuwato terhadap pelaksanaan program BDR (Belajar Dari Rumah) yang dicetuskan pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 di sekolah. Oleh sebab itu, peneliti melaksanakan kegiatan supervisi akademik guna meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam melaksanakan program BDR. Peneliian ini merupakan Penelitian Tindakan Kepengawasan (PTKp) dan dilaksanakan di SMPN 2 Marisa Kabupaten Pohuwato Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berjumlah 12 guru. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi kegiatan pembelajaran dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang telah valid dan reliabel. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif terhadap hasil observasi kegiatan guru selama proses belajar mengajar. Observasi dikembangkan dari instrumen BDR oleh Kemendikbud. Penerapan supervisi akademik yang telah dilakukan oleh peneliti mampu meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan program BDR di SMPN 2 Marisa Kabupaten Pohuwato Peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan program BDR (belajar dari rumah) secara individu meningkat pada setiap siklusnya. Pada kondisi awal tidak ada satupun guru yang dinyatakan mampu menyusun program BDR (belajar dari rumah) dengan baik, pada siklus pertama meningkat menjadi 7 guru atau 58,33%, dan 100% atau semua guru dinyatakan mampu program BDR (belajar dari rumah) dengan baik pada siklus kedua.

Keywords


supervisi akademik, belajar dari rumah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT. Rineka

Cipta, Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. :

Rineka Cipta

Cherrington, J. David, 1995. The Management of Human Resource, New

Jersey:Prentice Hall International, Inc.

Dodd, W.A. 1972. Primary School Inspection in New Countries. London: Oxford

University Press.

Ibrahim Bafadal. 2003. Supervisi Pengajaran: Teori Dan Aplikasinya Dalam Membina

Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara

Lucio, Wiliam H. dan Mc Neil John D, 1979, Supervision in thought and Action.

McGraw-hill book Co., Ny.

Majid, Abdul (2005). Perencaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi

Guru. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya

Muhaimin (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Muhibbin,

Syah. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru.Bandung

: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, Implementasi,

dan Inovasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2004. Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurhadi, 2004, Kurikulum 2004, (Pertanyaan dan Jawaban), Penerbit PT. Grasindo,

Jakarta.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang:

UM Press

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Robbins, Stephen P., (2001), Organizational Behavior, New Jersey: Pearson Education

International.

Robotham, David, (1996). Competences: Measuring The Immeasurable, Management

Development Review, Vol 9, No.5

Sergiovanni J., Thomas, 1987, The Principalship a Reflective PracticePerspective, Bosto:

Allyn and Bacon, Inc

Sofo. Francesco. (1999). Humen Resource Development, Perspective, Roles and practice

Choice. Business and Professional Publishing, Warriewood, NWS

Spencer, Lyle M., Jr & Signe M.,Spencer (1993). Competency at Work: Model for

Superior Performance. John Wiley & Sons .Inc

Sudjana. 1982. Teknik Analisis Korelasi dan Regresi. Bandung: Transito.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suparlan, 2005, Menjadi Guru Efektif, Jakarta: Hikayat Publishing

Tilaar.H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, Dalam

Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Bandung: Citra Umbara

Usman, Moh. Uzer. (1994). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.1.223-238.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id