FGD Model Pembelajaran Matematika Berbasis Prinsip Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Guru-Guru Matematika

Sutirna Sutirna, Haerudin Haerudin, Kamal Prihandani

Abstract


Paradigma negatif sebagian guru matematika tentang peran sebagai pembimbing di dalam proses pembelajaran masih dominan. Tujuan dari pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan motivsi belajar dan prestasi belajar matematika. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre test – post test design, yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok dan dalam pemilihan subjek penelitian dilakukan secara random. Hasil pengabdian ini ditemukan bahwa motivasi belajar peserta didik termasuk dalam kategori cukup baik dan prestasi belajar di kelas VII dan VIII sangat signifikan, sedangkan di kelas IX tidak signifikan.

Keywords


Peran Pembimbing, Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


ABKIN. (2008). Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam

Jalur Pendidikan Formal (1st ed.). Depdiknas.

Adhetya Cahyani, D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di

Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140.

https://journal.ptik.ac.id

Asmara, C. G. (2020). 5 Instruksi Mendikbud soal Sekolah. CNBC Indonesia.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200326062042-37-147501/para-siswa-ini-

-instruksi-mendikbud-nadiem-soal-sekolah

Barnett Berry, A. a. (2011). Teaching 2030 (What We Do for Our Students and Our Public

Schools) (1st ed.). Teachers College Columbia University.

Briliannur, Dwi, C. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi

Covid-19. Mahaguru: Pendidikan Sekolah DasarJurnal Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 1(2), 28–37. htpps://ummaspul.e-journal.id

Dinas Pendidikan, P. dan O. K. B. (2016). Motivasi Belajar. Dinas Pendidikan, Pemuda

Dan Olahraga Kabupaten Buleleng.

https://disdikpora.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/motivasi-belajar-80

E.T. Russefendi. (1982). Dasar Matematika Modern untuk Guru. Tarsito.

Gojak, L. M. (2013). Motivation Matter. National Counsil of Teacher Mathematics, 1.

https://www.nctm.org/News-and-Calendar/Messages-from-the-

President/Archive/Linda-M_-Gojak/Motivation-Matters!/

Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosional: Mengapa Emotional Intellegence lebih

tinggi dari pada IQ (T. Hermay (ed.); 1st ed.). PT. Gramedia Pustaka.

Hasan, H. C. (1994). Dimensi Dimensi Psikologi Pendidikan (1st ed.). Al Ikhlas.

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=5926

Permendiknas No. 22/2006, Pub. L. No. No. 22/2006 (2006).

Makarim, N. (2017). Naskah Pidato Nadiem Makarim dalam Menyambut Hari Guru

Nasional.

Mustofa, Devi, S. (2017). Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi

Numbered Head Together dan Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa

ditinjau dari Motivasi Belajar Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Karangmalang.

http://eprints.ums.ac.id/53260/1/PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Nasar, M. F. (2021). Perkembangan Zaman Jangan Rusak Sendi Kehidupan Beragama.

Republika .Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/qp0roo366/perkembanganzaman-

jangan-rusak-sendi-kehidupan-beragama

Putriana, C., & Noor, N. L. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan

Prestasi Belajar Matematika Siswa. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi

Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/DOI:

https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1642

Robiatul Adawiyah, D. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada

Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu: Journal of

Elementery School, 5(5), 3814–3821. https://doi.org/DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1435

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar (1st ed.). PT. Raja

Grafindo Persada. https://adoc.pub

Suryo Hartanto, A. A. (2017). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA

HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS ISKANDAR MUDA BATAM.

Pythagoras, 6(2), 175–186. https://doi.org/ISSN Cetak 2301-5314

Sutirna; Marlina, R; Prihandani, K. (2020). MATH TEACHER PERCEPTIONS OF

PRINCIPLES OF GUIDANCE AND COUNSELING SERVICES. In Prof. Abdul

Rahmat (Ed.), Variety of Learning Resolutions in the Covid 19 (pp. 101–108).

novateurpublication.com. https://doi.org/9788194959700

Sutirna. (2004). Model Pembelajaran Matematika Bernuansa Bimbingan dan Konseling

[Universitas Pendidikan Indoensia]. http://repository.upi.ac.id

Sutirna. (2013). Perkembangan dan Pertembuhan Peserta Didik (P. Christian (ed.); 1st

ed.). Andy Offset.

Sutirna. (2021a). Bimbingan dan Konseling: Buku Referensi (Mira Mirnawati; Sitti Aida

Habibie (ed.); Pertama). Pascasarjana UNG.

Sutirna. (2021b). Bimbingan dan Konseling (Bagi Guru dan Calon Guru Mata Pelajaran)

(Pertama). Deepublish (CV. Budi Utama).

https://books.google.co.id/books/about/Bimbingan_Dan_Konseling_Bagi_Guru_D

an_Ca.html?id=kXskEAAAQBAJ&redir_esc=y Sutirna, & Nugraha, S. I. (2021). THE IMPORTANCE OF COUNSELING AND

COUNSELING SERVICES IN EQUITY EDUCATION. International Virtual

Conference on Science, Technology and Educational Practices, 49–70.

http://euroasiaconference.com




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.1.49-64.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id