Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Flipbook Bagi Guru SMAN 2 Negeri Katon

Aprianis Aprianis, Novalia Novalia, Adelina Anum, Dharmawan Dharmawan

Abstract


Pengabdian ini dilaksanakan karena masih banyaknya guru-guru khususnya di SMA Negeri 2 Negeri Katon yang masih kurang pengetahuan tentang aplikasi pembelajaran untuk mendukung pembelajaran dalam jaringan. Tujuan dari pengabdian adalah membantu permasalahan Guru SMA Negeri 2 Negeri Katon dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan buku digital dengan aplikasi flipbook maker. Metode pelaksanaan pengabdian pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi flipbook melalui tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 3 November 2021, dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Guru SMAN 2 Negeri Katon Pesawaran yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 18 orang guru. Hasil pengabdian yang telah dicapai yaitu kegiatan ini telah mampu meningkatkan kemampuan guru untuk bisa membuat buku digital dengan aplikasi flipbook maker sehingga pembelajaran bisa menjadi lebih inovatif.

 


Keywords


Aplikasi Flipbook Maker, Guru, Media Pembelajaran, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Adam, Steffi, and Muhammad Taufik Syastra. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.” CBIS Journal 3(2):78–90.

Anggraeni, Poppy, and Aulia Akbar. 2018. “Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran.” Jurnal Pesona Dasar 6(2):55–65. doi: 10.24815/pear.v6i2.12197.

Dewi, Athanasia Octaviani Puspita. 2019. “Penggunaan Mobile Library Untuk Perpustakaan Digital.” Anuva 3(2):151–55.

Divayana, Dewa Gede Hendra, P. Wayan Arta Suyasa, and agus adiarta. 2018. “Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Bagi Para Guru Di Smk Ti Udayana.” Abdimas Dewantara 1(2):31–44.

Divayana, Dewa Gede Hendra, P. Wayan Arta Suyasa, and Nyoman Sugihartini. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum Dan Pengajaran Di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha.” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 5(3):149.

Elfi, Husda Nur, Putria Eka Narti, Domikoes MAhena DR, and Rizqillah Miftach. 2019. “Pengabdian Kepada Masyarakat : Pembekalan Memasuki Dunia Kerja Atau.” Jurnal Pengabdian Barelang 1(2):2–9.

Hartanti, Dwi. 2019. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia.” Pp. 78–85 in Prosiding Seminar Nasional PEP.

Ilmi Sawianti, Musdalifah, Susdiyanto. 2019. “Pengaruh Sarana Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Manajemen Pendidikan 14(1):1–7.

Indarto, Pungki, Muhad Fatoni, and Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2018. “Model Pembelajaran Hybrid Learning Pada Mata Kuliah Sepakbola Di Pendidikan Olahraga FKIP UMS.” Pp. 55–64 in Seminar Nasional Pendidikan 2018.

Jayawardana, H. B. A. 2017. “Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital.” Jurnal Bioedukatika 5(1):12–17. doi: 10.26555/bioedukatika.v5i1.5628.

Junita, Junita, and Marlina Siregar. 2017. “Penelitihan Tindakan Kelaspengaruh Pembelajaran Portofolio Terhadap Hasil Belajar Materi Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII Mts Negeri 2 Rantauprapat Tahun Pelajaran 2012/2013.” CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) 1(1):48–54.

Karisman, Aprian. 2019. “Aplikasi Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Perangkat Keras Komputer Berbasis Android.” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi) 6(1):18–30. doi: 10.35957/jatisi.v6i1.166.

Maimunah, Maimunah. 2016. “Metode Penggunaan Media Pembelajaran.” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 5(1):1–24. doi: 10.28944/afkar.v5i1.107.

Muammar, Muammar, and Suhartina Suhartina. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak.” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 11(2):176–88. doi: 10.35905/kur.v11i2.728.

Mulyati, Tita. 2016. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar.” EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar 3(2):1–20.

Noor Asyikin, Arifin, Rahimi Fitri, Agus N. Setiyo Budi, and Staf Pengajar Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Banjarmasin. 2015. “Pengukuran Tingkat Kesiapan Kantor Pemerintahan Desa Dalam Penerapan Masterplan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Perkantoran Desa Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1.” ISSNPrint) Jurnal POROS TEKNIK 7(2):54–67.

Nugraha, Muldiyana. 2018. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4(1):27–44. doi: 10.32678/tarbawi.v4i01.1769.

Purnomo, Agus, Nurul Ratnawati, and Nevy Farista Aristin. 2017. “Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 1(1):70–77.

Rahim, Fanny Rahmatina, Dea Stevani Suherman, and Murtiani Murtiani. 2019. “Analisis Kompetensi Guru Dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0.” JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP) 3(2):133. doi: 10.24036/jep/vol3-iss2/367.

Rahmawati, Ryan Nur. 2015. “Penggunaan CD Interaktif Dan Digital Storytelling Berbasis Kontekstual Sebagai Media Pembelajaran Matematika.” Pp. 1149–54 in Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Maetematika UNY.

Ruddamayanti, Ruddamayanti. 2019. “Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembaang. 2:364–70.

Sarkol, Firman JS. 2017. “Tinjauan Yuridis Mengenai Tindak Pidana Penangkapan Ikan Dengan Bahan Kimia Di Wilayah Zee Indonesia (UU No. 31 Tahun 2004 Jo UU No. 45 Tahun 2009).” Lex Privatum 5(2):85–92.

Setyowati, Erna. 2019. “Keefektifan Modul Elektronik Berbasis Konservasi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Pembelajaran Mata Kuliah Pangkas Disain.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan 11(1):1–7. doi: 10.20961/jiptek.v11i1.21088.

Solikin, Imam, and Rahayu Amalia. 2019. “Materi Digital Berbasis Web Mobile Menggunakan Model 4D.” Sistemasi 8(3):321–28. doi: 10.32520/stmsi.v8i3.461.

Wicaksono, Vicky Dwi, and Putri Rachmadyanti. 2017. “Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur 513–21.

Zulhelmi, Zulhelmi. 2021. “Pemanfaatan Kvisoft Flipbook Maker Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(2):217–26. doi: 10.23887/jipp.v5i2.31209.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.1.127-136.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id