PEMBELAJARAN YANG MELEJITKAN KECAKAPAN ABAD 21 UNTUK LEVEL PENDIDIKAN DASAR DI ERA 5.0

Yanti Fitria

Abstract


Manusia sebagai komponen utama pergerakan kehidupan berperan untuk mempertahankan nilai karakter kemanusiaan sebagai dampak revolusi industri 4.0. di era society 5.0 terjadi perubahan paradigma pendidikan. Pemerintah sebagai penyedia infrastruktur harus meningkatkan pemerataan, pembangunan, dan perluasan layanan internet keseluruh pelosok negeri. Sumber daya manusia pendidik harus mampu mengidentifikasi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran untuk menguatkan pondasi karakter peserta didik. Beragam faktor dapat mempengaruhi tercapainya adaptasi dan kompetensi dasar siswa. Pemilihan pembelajaran merupakan faktor utama yang perlu diterapkan dalam pembelajaran. Sesuai kebutuhan abad 21 pada Society 5.0 guru perlu memvariasikan model pembelajaran yang unggul agar mampu melejitkan kecakapan siswa. Pembelajaran yang bisa dipilih agar terwujudnya sumber daya manusia yang unggul yaitu model yang berpusat pada siswa (student centred). Temuan hasil kajian penelitian melalui studi literature bahwa penelitian banyak difokuskan  pada pendekatan TPACK, model PBL, dan model PjBL dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, serta keetrampilan kolaborasi dan komunikasi siswa. Diperoleh simpulan bahwa pendekatan Technology pedagogic and content knowledge (TPACK), Problem based learning Model, dan project based learning model telah terbukti mampu melejitkan potensi yang dimiliki peserta didik. Mereka mendapatkan pengalaman untuk peka mengenali masalah dan berkolaborasi menemukan solusi masalah yang dihadapkan kepada mereka, serta mampu mengkomunikasikannya dengan tepat. 



Full Text:

PDF

References


Akhwani, A., & Rahayu, D. W. (2021). Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918-1925.

Ambarawati, A. (2021). Urgensi Keterampilan Komunikasi Nonverbal Guru Pada Era Society 5.0. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 12(2).

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi project based learning (pjbl) berpendekatan science edutainment terhadap kreativitas peserta didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).

Bas, G., & Senturk, C. (2018). An Evaluation of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) of In-Service Teachers: A Study in Turkish Public Schools. International Journal of Educational Technology, 5(2), 46-58.

Binus. (2021). Mengenal Lebih Jauh Tentang Society 5.0. diperoleh dari https://onlinelearning.binus.ac.id/2021/04/19/mengenal-lebih-jauh-tentang-society-5-0/

Byker, E. J., Putman, S. M., Polly, D., & Handler, L. (2018). Examining elementary education teachers and preservice teachers’ self-efficacy related to technological pedagogical and content knowledge (TPACK). In Self-efficacy in instructional technology contexts (pp. 119-140). Springer, Cham.

Djumadi, D. (2021, October). Integrasi HOTS dalam Pembelajaran Digital di Era Society 5.0. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 39-47).

Fajri, H. N., Purwanto, A., & Utomo, E. (2020, October). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Ferdyan, R., & Arsih, F. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP COVID-19 BERDASARKAN MATERI YANG RELEVAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12-24.

Fitriani, N. L. (2021). Peningkatan Keaktifan Siswa Tema Wirausaha Melalui Pendekatan TPACK (Technology Pedagogy Content Knowledge) Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Keputon 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 1-10.

Gill, L., & Dalgarno, B. (2017). A qualitative analysis of pre-service primary school teachers’ TPACK development over the four years of their teacher preparation programme. Technology, Pedagogy and Education, 26(4), 439-456.

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020, October). Pemanfaatan Multimedia Interaktif: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pjbl (Project Based Learning). In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Hartati, T. (2018). Techonological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Ppg Sd Prajabatan. EDUTECH, 18(2), 177-186.

Issufiah, N., Sunardi, S., Sri, W., & Gunarhadi, G. (2018). The Implementatyion Off Problem Based Learning Model (PBL) on Teachers and Students Grade Five Elementary Schools in Surakarta City. International Journal of Active Learning, 3(2), 116-123.

Kaharudin, M. (2021). Meneliti Capaian Ketuntasan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring IPA Melalui Pendekatan TPACK di Masa Pandemi Covid-19. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(7), 1053-1077.

Khairani, S., Suyanti, R. D., & Saragi, D. (2020). The Influence of Problem Based Learning (PBL) Model Collaborative and Learning Motivation Based on Students’ Critical Thinking Ability Science Subjects in Class V State Elementary School 105390 Island Image. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1581-1590.

Komarudin, K., Puspita, L., Suherman, S., & Fauziyyah, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43-53.

Kurnia, A., & Syahrial, S. (2020). Peran Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Kurniawati, N. (2018). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Lutfa, A. (2021). PENDIDIKAN KELUARGA UNTUK MENYIAPKAN ERA SOCIETY 5.0. PROSIDING MUKTAMAR PEMIKIRAN DOSEN PMII, 1(1), 845-856.

Mahanal, S. (2014, September). Peran guru dalam melahirkan generasi emas dengan keterampilan abad 21. In Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo (Vol. 1, pp. 1-16).

Maharani, D. P., Hermawan, H., Wulandari, D. T., Ismawarti, N. Y., Kancanadana, G., & Sayekti, I. C. (2021). Analis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di Surakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 5201-5210.

Marza, A., Adnan, F., Fitria, Y., & Montesori, M. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 456-462.

Monalisa, C., Ahda, Y., & Fitria, Y. (2019). Critical Thinking Skill Improvement Using Problem Based Learning (PBL) Model of 4th Grade Students of Elementary School. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(2), 429-432.

Nastiti, F. E., & Abdu, A. R. N. (2020). Kajian: Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Edcomtech, 5(1), 61-66.

Nurani, D. (2021). Menyiapkan Pendidik Professional di Era Society 5.0. diperoleh dari http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327-333.

Nusa, P. D., Sumarno, S., & Aziz, A. PENERAPAN PENDEKATAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 KEMIRI. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 12(1), 91-97.

Octaviana, S., & Setiawan, Y. (2019). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT BERDASARKAN KERANGKA KERJA TPACK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1150–1159. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i5.335

Prasetyo, R. I., Hidayat, N., & Dimas, A. (2019, December). Studi Literature Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain). In Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran) (Vol. 3, pp. 704-710).

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Purwanti, E., Ilmawan, F. Y., & Nugroho, S. E. (2020). The Elementary Students’ Critical Thingking Ability Through Brainstorming Technique of Problem-Based Learning.

Rachman, I., & Matsumoto, T. (2019, March). PBL Method under the environmental education in Indonesia analyzing the influence of PBL Method into the knowledge attitude and behavior aspects. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 245, No. 1, p. 012025). IOP Publishing.

Raharja, H. Y. (2019). Relevansi pancasila era industry 4.0 dan society 5.0 di pendidikan tinggi vokasi. Journal Of Digital Education, Communication, And Arts (Deca), 2(1), 11-20.

Rahayu, I., Nuryani, P., & Hermawan, R. (2019). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 93-101.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020, October). PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Seftiarini, N., Maryani, I., & Purwanto, P. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VA SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO DENGAN METODE PBL (PROBLEM-BASED LEARNING) BERBANTU MEDIA GAMBAR DAN VIDEO.

Sintawati, M., & Abdurrahman, G. (2020, April). The effectiveness of blended learning to improve pre-service teacher TPaCK in developing multimedia learning mathematics at elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, No. 3, p. 032014). IOP Publishing.

Stefani, S., Elva, N., & Sumiati, C. (2021). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis TPACK di Kelas V SDN 07 Pandam Gadang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3255-3260.

Subelli, R. (2020). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sunardi, S., Anitah, S., & Gunarhadi, G. (2018). The Implementatyion Off Problem Based Learning Model (PBL) on Teachers and Students Grade Five Elementary Schools in Surakarta City. International Journal of Active Learning, 3(2), 116-123.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).

Susilawati, E., & Khaira, I. (2021). HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DAN MODEL PEMBELAJARAN TPACK SERTA PENERAPANNYA PADA MATAKULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN PPKn. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 139-147.

Ulhaq, Z. S., & Rahmayanti, M. (2019). Panduan Penulisan Skripsi Literatur Review. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.