MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF MELALUI MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BOTUPINGGE KABUPATEN BONE BOLANGO

Wiwy Triyanti Pulukadang, Fitriani Basato, Ratnarti Pahrun

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui model mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat efektif siswa kelas V SDN 1 Botupingge, Kabupaten Bone Bolango?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat efektif siswa melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN 1 Botupingge, Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, dalam setiap siklus mempunyai tahapan yaitu tahap persiapan, tahap tahap peelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, serta tahap analisis dan refleksi.

Pada observasi awal yang mampu menulis kalimat efektif berjumlah 4 siswa atau 22,2%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dari 13 siswa meningkat menjadi 5 siswa  atau 38,46% yang kurang mampu ada 6 siswa atau 46,15% dan tidak mampu 2 siswa atau 15,38%. Dan pelaksanaan siklus II ada 12 atau 92,3% sedangkan yang tidak mampu ada 1 siswa atau 7,7%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui model mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat efektif pada siswa kelas V SDN 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango



Full Text:

PDF

References


Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Jakarta: Kata Pena.

Nafi’ah, Siti. 2018. Model-model Bahasa Indonesia SD/MI. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Pendalaman). Tangerang: Jelajah Nusa.

Ntelu, A Dkk. 2017. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Ideas Publishing. Gorontalo

Putrayasa, I. B. (2014).Kalimat Efektif.Bandung: Refika Aditama.

Tarigan, Hendry. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : CV Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.