SEKOLAH PENGGERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

Sarlin Patilima

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Program Sekolah Penggerak, Stransformasi Sekolah dan Ruang Lingkup Program Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Penelitian ini dilaksanakan melalui studi pustaka dengan mengumpulkan sejumlah literature berupa buku, dan jurnal yang berkaitan dengan guru penggerak dan Analisis data yang digunakan adalah kritis untuk menelusuri lebih mendalam tentang guru penggerak dan peran guru penggerak.



Full Text:

PDF

References


Harahap. E. 2016. Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Vol. 1. No. 2. (https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1014 diakses pada tanggal 28 Oktober 2021)

Kemendikbud. 2021. Kemendikbud Luncurkan Program Sekolah Penggerak. Diakses pada tanggal 15 November 2021 http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/kemendikbud-luncurkan-program-sekolah-penggerak

Kemendikbud. 2021. Daftar Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Program Sekolah Penggerak. (https://docplayer.info/202701882-Program-sekolah-penggerak.html diakses pada tanggal 14 November 2021)

Program Sekolah Penggerak. 2021. (https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/ diakses pada tanggal 15 November 2021).

Sibagariang, D. Sihotang, H. & Murniarti, E. 2021. Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol. 14. No. 2. (http://ejournal.fkipuki.org/index.php/jdp/article/view/53 diakses pada tanggal 15 November 2021)

Wiyani, N. A. 2011. Transformasi Menuju Madrasah Bermutu Terpadu. Jurnal Insania Vol.16, No. 2. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1588/1175

Zamjani. I, Dkk. 2021. Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. (https://penggerak-simpkb.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/portal-programsekolahpenggerak/wp-content/uploads/2021/02/10114931/Naskah-Akademik-SP.pdf diakses pada tanggal 28 Oktober 2021).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.