PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI KELAS V SDN 1 ANGGREK

Ismail Amara

Abstract


Tujuan dalam penulisan artikel  ini untuk melihat pengaruh Problem Based Learning ( PBL) terhadap kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN 1 Anggrek. Pembelajaran Problem Based Learning (pembelajaran berbasis – masalah) adalah seperangkat model mengajar yang menggunakan masalah sebagai fokus untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, materi, pengaturan diri. Berbicara merupakan suatu proses penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) sangat efektif digunaakan pada saat pembelajaran, dimana peserta didik dapat menemukan konsep, ide-ide dan juga dapat meningkatkan kemampuannya dalam berbicara.

Full Text:

PDF

References


Aini, A., Andayani, A., & Anindyarini, A. (2012). Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA, 1(1), 035-045.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

DAMOPOLII, D. K. P. (2018). PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V DI SDN 3 TELAGA KABUPATEN GORONTALO. Skripsi, 1(151414010).

Jannah, M. (2019). Peranan Guru dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik (Studi Kasus di MIS Darul Ulum, Madin Sulamul Ulum dan TPA Az-Zahra Desa Papuyuan). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 137-166.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202.

Prawiyogi, A. G., & Hakiki, D. N. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture dalam Pembelajaran Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 3(1).

Ruchaedi, D., Suryadi, D., & Herman, T. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Heuristik Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1)

Sugiyono. (2021). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.