MERDEKA BELAJAR: SEKOLAH PENGGERAK

Fahrian Firdaus Syafi’i

Abstract


Sekolah Penggerak merupakan program dari Kemendikbud yang dimaksudkan untukmewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar peserta didik secara holistic dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatka nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepantinngan. Kemudian profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yang diantaranya; 1) Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, 2) Berkebinekaan Global, 3) Mandiri, 4) Bergotong royong, 5) Bernalar Kritis dan 6) Kreatif.



Full Text:

PDF

References


Harahap. E. 2016. Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Vol. 1. No. 2. (https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1014 diakses pada tanggal 28 Oktober 2021)

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 162 Tahun 2021 Tentang Program Sekolah Penggerak. (https://docplayer.info/214073624-Keputusan-menteri-pendidikan-kebudayaan-riset-dan-teknologi-republik-indonesia-nomor-162-m-2021-tentang-program-sekolah-penggerak.html diakses pada tanggal 28 Oktober 2021)

Materi Pelatihan Program Sekolah Penggerak Ringkasan Materi. 2021. (https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Paparan-Program-Sekolah-Penggerak.pdf diakses pada tanggal 28 Oktober 2021)

Program Sekolah Penggerak 2021. (https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Paparan-Program-Sekolah-Penggerak.pdf diakses pada tanggal 28 Oktober 2021)

Rahayu. S, Rossari. V. D, Wangsanata. A. S. Saputri. E. N, & Saputri. D. N. 2021. Hambatan Guru Sekolah Dalam Melaksanakan Kurikulum Sekolah Penggerak Dari Sisi Manajemen Waktu dan Ruang Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5. No. 3. Pp. 5759-5768. (https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1869 diakses pada tanggal 30 Oktober 2021)

Republika. Program Sekolah Penggerak Dinilai Sulit Efektif. Retrieved September 11, 2021. (Https://Www.Republika.Co.Id/Berita/Qo07zf328/ProgramSekolah-Penggerak-Dinilai-Sulit-Efektif diakses pada tanggal 25 Oktober 2021)

Setriawan. W, Santika. D. I, & Naim. A. 2021. Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah Dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 11. No. 1. (http://103.88.229.8/index.php/idaroh/article/view/7633 diakses pada tanggal 28 Oktober 2021)

Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf diakses pada tanggal 15 Oktober 2021)

Wijaya. A, Mustofa. S. M, Husain. F. 2020. Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal PURUHITA. Vol. 2. No. 1. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/puruhita/article/view/42325 diakses pada tanggal 25 Oktober 2021)

Zamjani. I, Dkk. 2021. Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. (https://penggerak-simpkb.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/portal-programsekolahpenggerak/wp-content/uploads/2021/02/10114931/Naskah-Akademik-SP.pdf diakses pada tanggal 28 Oktober 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.