MEMBENTUK SISWA SEBAGAI GLOBAL CITIZEN MELALUI MATA PELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah membentuk siswa sebagai global citizen melalui mata pelajaran PKn di SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembentukan siswa sebagai global citizen melalui mata pelajaran PKn di SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membentuk siswa sebagai global citizen pada mata pelajaran Pkn di SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo sangat membutuhkan ketelitian dari seorang guru. Adapun nilai-nilai yang harus dibentuk pada siswa yakni tanggung jawab, kompetensi global, dan keterlibatan dalam kewargaan global. Secara keseluruhan komptensi dari global citizen di SDN 6 Telaga sudah maksimal. Keterampilan seperti tanggung jawab sosial, kompetensi sebagai warga negara global, dan keterlibatan dalam aktivitas politik merupakan bagian penting yang harus dikembangkan. Agar siswa dapat menguasai keterampilan-keterampilan hidup sebagai warga negara seperti telah disebutkan, pembelajaran kewarganegaraan yang dikembangkan di sekolah perlu menerapkan pendekatan dan strategi pembelajaran yang tepat.
Full Text:
PDFReferences
Banks, J. A. 2008. “Diversity, Group Identity, and Citizenship Education in A GlobalAge”,. Educational Researcher
Cogan, J.J. 1998. “Citizenship Education forThe 21st Century: Setting The Context”,dalam Cogan, J.J dan Derricot, R. (eds.), Citizenship for The 21st Century: An International Perspective on Education. London: Kogan Page Limited
Dill Jefferey, S. 2012. The Moral Education of Global citizenship. Global Sociaty. pp. 541-456. DOI: 10.1007/s12115-012-9599-8.
Gerzon, M. 2010. American Citizen, Global citizen: How Expanding Our Identities Makes Us Safer, Stronger, Wiser, And Builds a Batter World. United State of America: Library of Congres Cataloging.
Hater. 2004. A. Brief History of Citizenship.Word Citizenship. Edinburgh University Press
John, Cogan, J. 1999. Developing the Civil Society: The Role of Civic Education. Bandung: CICED
Mansbach, Richard W. 1997. Global Puzzle: Issues and Actors in Global Politics. Boston: Houghton Mifflin Company.
Masaong, Abdul Kadim. 2011. Kepemimpinan Berbasis Miltiple intelligence. Bandung: Alfabeta.
Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press
Morais, D.B. dan Ogden, A.C. 2011. Initial Development and Validation of The Global citizenship Scale. Journalof Studies in International Education
Mulyasa,E. 2004. Kurikulum Berbasasis Kompetensi (Konsep, Kerakteristik, Implementasi), Bandung: Remaja Rosdakarya
Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Oxfam 2006. Education for Global citizenship:A Guide for Schools. Oxford: OxfamDevelopment Education.
Prihatin, 2011.Manajemen Peserta Didik,Bandung:Alfabeta
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Sapriya. 2012. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jakarta: Dirjen Diktis
Sumantri. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sutrisno. 2017. Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga Negara GlobaLCitizenship. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan
Wahab, Abdul Azis dan Sapriya,2011.Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Winaputra, Udin S. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.