PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK DI SEKOLAH DASAR

Asni Ilham, Isnanto Isnanto, Karmila Puluhulawa

Abstract


Salah satu kelebihan media pop-up book dapat memberikan visualisasi materi lebih menarik dan dapat memotivasi siswa dalam belajar. Penelitian dilaksanakn dengan tujuan untuk mengembangkan media pop up book di Sekolah dasar dan untuk mengetahui kelayakan media pop up book secara konseptual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan menurut Brog and Gall dengan pembatasan sampai pada tahap validasi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas  IV SDN 25 Limboto dengan jumlah 15 siswa. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sesuai hasil presentase perolehan skor dari validasi ahli media memberi skor 93, ahli  materi memberi skor 82. Dan praktisi memberi skor 91. Sehingga presentase skor yang diperoleh dari ketiga validator sebesar 88,3 kriteria sangat layak dan juga memiliki kualitas sangat baik serta dibuatkan buku panduannya.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali

Djamarah, Zain.2010. Pengaruh Penggunaan Media. Terdapat pada:file:///C:/Users/Notebook/Downloads/Documents/BAB%2011.6.pdf.Diakses tanggal 26 Juli 2019

Hatta Sadam. 2018. Pengembangan Panduan Praktikum IPA Materi Sistem Organ Tubuh Manusia Berbasis Lingkungan Di Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidkan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.

Maryanti.(2017).Pengaruh penggunaan media pembelajaran visual “pop up book” terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas v sdn 02 dulupi kabupaten boalemo.jurusan pgsd.universitas negri gorontalo.tidak di terbitkan. Diakses selasa,19 februai 2019.

Maiyesta .2018. Peningkatan keterampilan proses sains mata pelajaran ilmu pengetahuan alam menggunakan media popo up book pada siswa A kelas III Sd MA’ARIF YPM wonocolo sidoarjo. PGMI. Universitas Islam Negri Sunan Ampel.

Rositawy, S. dan Aris Muharram. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4. Jakarta: Pusat Perbukaan Departemen Pendidikan Nasional.

Sujadi, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka cipta

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta : Alfhabeta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sumardi Y, dkk. 2007. Konsep Dasar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka

Suriyani, dkk. 2008. IlmuPengetahuan ALam. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen pendidikan nasional

Sulistyanto H dan Wiyono E (2008). Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV.Jakarta:Pusat Perpukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sadiman.2010.PengaruhPenggunaanMedia.Terdapatpada:file///C:/Users/Notebook/Download/Documents/BAB%2011.6.pdf.Diakses tanggal 26 Juli 2019.

Surabaya . Tersedia ( Diligilib.uinsby.ac.id ) diakses pada hari selasa, 19 februari 2019.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.