PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA LIMBOTO

Novin Hairun, Abd. Hamid Isa, Abdul Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan minat belajar sehingga hasil belajar baik dalam memahami pelajaran yang diberikan guru di TK Pembina Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun metode yang digunakan adalah melalui observasi dan tindakan siklus sehingga didsekripsikan peneliti dalam bentuk peneltian.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan minat dan hasil belajar anak pada kelompok A TK Pembina  Limboto. Dalam pelaksanann tindakan siklus tersebut dapat dikemukakan bahwa adanya peningkatan minat belajar dari peserta didik dengan pendekatan pemebalajaran kontekstual.

Full Text:

PDF

References


Anastasi. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta.

Djamarah, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Reneka Cipta.

Gosong, 2008. “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Membantu Mahasiswa Memahami Konsep-Konsep Dasar Wacana dalam Pembelajaran Wacana Bahasa Indonesia “Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran” Vol. 4 No. 2 Halaman 869. Singaraja.

Heri Permana Sakti 2014 pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan minat belajar matematika. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 3, November 2014

Herlina Erwin 2018 Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 4, Nomor 1, April 2018

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009, Standar Pendidik-an Anak Usia Dini.

Sri Mertesari, 2005. Peningkatkan penguasaan konsep dan hasil belajar anak biologi dalam mata kuliah kalkulus I dengan penerapan strategi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. No.2 TH. XXXVIII. Halaman 185-199.

Wayan Sukreni, I Wayan Lasmawan, Nyoman Dantes 2014 Pendekatan pembelajaran Kontekstual pada kelompok B e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.