UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH TK DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN KINERJA GURU MELALUI BIMBINGAN PENGAWAS SEKOLAH BINAAN

Yones Eni Luawo, Abdul Rahmat, Abd Hamid Isa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah Tk Dalam Melaksanakan Penilaian Kinerja Guru Melalui Bimbingan Pengawas Sekolah Binaan yang berada di TK Kecamatan Bongomeme kabupaten Gorontalo. Adapun upaya meningktakan kinerja Guru yaitu memberikan pemahaman terhadap peningkatan kualitas Guru, dan juga memberikan peningkatan kesejahteraan Guru sehingga ada upaya guru dalam melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai guru. Kepala sekolah merupakan stekholder yang memiliki wewenang dalam melakukan penilaian terhadap kinerja guru, dengan demikian melalui bimbingan pengawas sekolah mengahasilkan pedoman yang dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan terhadap peningkatan kineja guru. Data penelitian tindakan sekolah untuk siklus penilaian terdiri dari 4 aspek yang diamati terdiri dari 14 indikator jumlah total yang dinilai dari 14 ada 9 indikator yang mempunyai nilai rata rata 64% untuk kegiatan siklus I, dari 14 indikator ini dapat dijabarkan sebagai berikut, aspek pedagogic untuk 7 indikator sebesar (57%) dan aspek kepribadian sebesar (100%) dan aspek social sebesar 50 % dan aspek professional sebesar 50%.  Data pada kegiatan siklus I untuk penilaian kinerja kepala sekolah terhadap guru TK binaan Kecamatan Bongomeme belum memenuhi target penelitian. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa persoalan yakni : kepala sekolah belum terlalu jelas pada beberapa indicator dari 4 aspek terutama aspek pedagogic, aspek social, dan aspek profesionalisme, kepala sekolah belum dapat focus dalam penilaian kinerja guru.


Full Text:

PDF

References


Alfian, Eli Surya &Yusriani (2011). Dampak Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran: Studi Kasus di MAN Model Jambi. Volume 26. Diakses dari e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/.../article/.../pdf pada tanggal 18 Desember 2019, pukul 18.45 WIB.

Badrun Kartowagiran 2011 KINERJA GURU PROFESIONAL (GURU PASCA SERTIFIKASI) Cakrawala Pendidikan, November 2011, Th. XXX, No. 3

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal PMPTK Kementrian Pendidikan Nasional, (2010). Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Penerbit Dirjen PMPTK.

Leniwati 2017 IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume 2, No. 1, Januari-Juni 2017

Nana Sudjana, (2011). Supervisi Pendidikan : Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. (Seri Kepengawasan), Bekasi : Penerbit Binamitra Publishing.

Nana Sudjana, (2012). Pengawas dan Kepengawasan.: Memahami tugas pokok, fungsi,peran dan tanggung jawab pengawas sekolah, Bekasi : Penerbit Binamitra Publishing.

Peoduk hukum yang berkaitan dengan Penilaian Kinerja, Pengembangan Keprofesian Guru Berkelanjutan, Sertifikasi Guru, dan Uji Kompetensi Guru

Peraturan Bersama Mendiknas, Menneg PAN dan RB, Mendagri, Menkeu, dan Menag tentang Penataan dan Pemerataan Guru Pegawai Negeri Sipil, tanggal 3 Oktober 2011

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.