MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS BUDAYA LOKAL DI TK NEGERI PEMBINA TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Warni Yusuf, Abdul Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan model pengembangan pembelajaran berbasis budaya lokal terhadap pendidikan anak usia dini di TK Pembina Telaga Kabupaten Gorontalo. Dengan adanya model pembelajaran berbasis budaya lokal diharapkan anak usia dini dapat memahami dari sejak dini nilai-nilai, norma, agama dan adat istiadat yang ada di daerah Gorontao pada khusunya. Peneliti melakukan penelitian dan pengembangan di TK Pembina Telaga Kabupaten Gorontalo. Peneliti melakukan observasi langsung dan wawancara langsung ke TK Pembina Telaga. Peneliti memilih informan yang tepat untuk memperoleh informasi yang akurat. Budaya lokal di lingkungan TK Pembina adalah potensi lingkungan sekitar yang bisa dijadikan sumber belajar. Potensi alam, budaya masyarakat, aneka profesi di masyarakat, kelembagaan masyarakat yang ada, bisa menjadi bahan belajar bagi anak. Ketika potensi ini dikumpulkan dan dijadikan bahan dalam pembelajaran anak, akan menjadi sebuah sumber belajar yang luar biasa bagi anak. Penyusunan model pembelajaran berbasis budaya lokal berdasar pengalaman yang dilakukan di TK Pembina disusun berdasarkan unsur – unsur yang dibutuhkan dalam sebuah pengelolaan pembelajaran, kemudian diintegrasikan dengan kebutuhan terhadap pengenalan budaya lokal kepada anak usia dini dalam rangka mengenalkan budaya dan membangun karakter anak dan kecintaan terhadapap budaya lokal.


Full Text:

PDF

References


Koentjaraningrat, 2004. Kebudayaan Jawa. Kodiran (329-352). dalam Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cetakan ke dua puluh satu. Jakarata: Djambatan.

Munawar, Muniroh dkk. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pendekatan In House Training Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Penelitian PAUDIA. 2/1: 1-13.

Murdiono (2012) pembelajaran berbasis budaya: Jurnal PKN Prograsif Vol. 7/ No. 1

Siwi Widiastuti (2012) Pengembangan Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 1/ Edisi 1

Suastra, I Wayan dan K. Tika. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal untuk Membentuk Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 5/3: 258-273.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono Yuliani, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Suwito (2008) Pendidikan berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakter Th. II/ No. 3/

Suyadi dan Maulidya Ulfah, 2012. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.