MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL

Revita Yanuarsari, Evi Octrianty, Syifa Novianawati Al Afgani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini melalui metode bermain menggunakan media papan flanel di TK Harapan Kabupaten Purwakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode penelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaboratif dengan menggunakan model siklus yang dilakukan dua siklus. Pelaksanaan pembelajarannya dengan tahapan, guru mempersiapkan media papan flanel beserta itemnya, guru memberikan contoh mengenali huruf dan kata, anak diberi kesempatan untuk melihat, meraba, menempel dan melepas item-itemnya, guru memberikan kesempatan kepada anak yang memiliki kesulitan dalam membaca permulaan dan guru mendampingi dan memberikan motivasi pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia dini setelah menggunakan metode bermain menggunakan media papan flanel. Jumlah anak yang memperoleh kriteria berkembang sangat baik pada pra siklus 0%, siklus I 25% dan siklus II 83,33%.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. (2014). Permendiknas No. 137. Tentang Standar Tingkat Percapaian Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.

Hartati, Sofia. (2005). Mengembangkan Keterampilan Berbicara. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Taman Kanak-kanak. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Morrison, G.S. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta : Indeks.

Permendikbud RI Nomor 146. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanaky, Hujair AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.