ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE TIPE READING ALOUD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SDN 9 TILONGKABILA KABUPATEN BONE BOLANGO

Pupung Puspa Ardini, Yenny Ekawati Idris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan model Whole Language pada siswa Kelas I SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. (2)Kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan model Whole Language pada siswa Kelas I SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian Kemampuan membaca siswa pada salah satu sekolah yang dijadikan  contoh bahwa siswa kelas 1 sudah  mampu membaca, kemampuan membaca siswa kelas I dilakukan sebelum  kegiatan belajar, disela-sela siswa mengerjakan tugas, sebelum dan bahkan setelah jam pelajaran selesai. bagi sekolah  SDN  9 Tilongkabila, masih terdapat siswa yang belum mampu membaca,  dari ketidakmampuan membaca ini, perlu adanya tindakan untuk menganalisis mengapa masih terdapat siswa yang belum bisa membaca dan kesulitan apa yang dihadapi oleh siswa.  Penggunaan model Pembelajaran dengan menggunakan Whole Language Tipe Reading Aloudterhadap  kemampuan membaca permulaan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Whole Language Tipe Reading Aloudsiswa belajar secara utuh dan tidak terpisah-pisah. Keterampilan menyimak, membaca, serta menulis diajarkan secara terpadu

References


Akbar, R & Hawadi. (2001). Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta: Grasindo

Dhieni Nurbiana,dkk 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka

Dhieni Nurbiana, 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka

Marsi Sareb Putra. 2008. Minat Membaca Sejak Dini. Jakarta : Indeks

Resmini, N., Churiyah, Y., & Sundori, N. (2006). Membaca dan menulis di SD: Teori dan pengajarannya. Bandung: UPI Press

Rahim Farida, 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Rukayah, 2014. Keefektifan Pembelajaran Menulis Dengan PendekatanWhole Language Di Sekolah Dasar.

PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sekolah Dasar, Tahun 23 Nomor 2 , November 2014, hlm 132-138

Santosa Puji, dkk. 2007. Materi dan PembelajaranBahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.

Zubaidah, Enny. 2015. Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya (Online), dalam (http://staff.uny.ac.id, diakses pada 16 Mei 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.