Rational Voters and Emotional Voters: Analysis of Socio-Psychological Factors in Voting Behavior in the 2024 Presidential Election
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aspinall, E., & Berenschot, W. (2019). Democracy for sale: Elections, clientelism, and the state in Indonesia. Cornell University Press. Azizah, N. N., Sukaesih, S., & Saepudin, E. (2024). Hubungan Perilaku Pencarian Informasi Dengan Proses Pengambilan Keputusan Swing Voters Pada Pilpres 2024. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 16(2), 123-148. https://doi.org/10.37108/shaut.v16i2.1511 Ardiansyah, M. R. N., Ariesta, D. R., Hariroh, S. Q., Antika, S. A., Maharani, S. D., & Nafi’ah, B. A. (2024). Analisis Voting Behavior Gen-Z pada Pemilu 2024 dan Pengaruh Terwujudnya Visi Indonesia Emas 2045: Studi Kasus Mahasiswa Kota Surabaya. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(2), 390-408. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i2.401 Cahyo, S. E., Kushartono, T., & Aprilia, B. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Pemilih Dalam Pemilihan Presiden Tahun 2024 Di Kota Cimahi. Jurnal Praxis Idealis: Jurnal Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, 2(1). https://doi.org/10.36859/jp.v2i1.3353 Cahyani, A. R. (2025). Komplektasi Perilaku Politik Pemilih Dalam Pilkada Serentak 2024 Pada Aspek Integrasi Tradisi Lokal Dan Teknologi. Journal of Indonesian Social Studies Education, 3(1), 12-17. Dermawan, S. A., & Supiyah, R. (2024). Perilaku Pemilih Pemula Pada Pemilihan Presiden 2024 (Studi di Kelurahan Tipulu Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari). Societal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 1(2), 820. https://doi.org/10.52423/societal.v1i2.41 Erlina, F. (2023). Dinamika sistem pemilu dan demokratisasi partai politik di Indonesia pasca reformasi. Kosmik Hukum, 23(2), 200-220. 10.30595/kosmikhukum.v23i3.16640 Hanan, D. (2022). Memperkuat Partai Melalui Pemilu, Memperkuat Demokrasi Presidensial di Indonesia. Demokrasi Tanpa Demos: Refleksi 100 Ilmuwan Sosial Politik Tentang Kemunduran Demokrasi di Indonesia, 107. Jannah, M. H. (2024). Digital Personal Branding Ganjar Pranowo Pada Akun Instagram@ Ganjar_Pranowo Untuk Memenangkan Pemilihan Presiden 2024 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia). https://doi.org/10.47945/tasamuh.v16i2.1546 Malau, M. E., Rikin, M. R., Kartika, H. S., & Ardiansa, D. (2024). Analisis Perilaku Memilih Pada Pemilih Pemula Menjelang Pemilu 2024 Melalui Penerapan Konsep Voting Advice Application. Politeia: Jurnal Ilmu Politik, 16(2), 92-99. Meilia, W. P., & Putri, N. E. (2025). Pengaruh Hoaks Politik di Media Sosial Terhadap Perilaku Memilih Pemilih Pemula pada Pemilu 2024. PUBLICNESS: Journal of Public Administration Studies, 4(1), 30-36 Mutiah, M. T., & Diana, R. (2023). Peran Kampanye Media Sosial dalam Perilaku Pemilih Muda di DKI. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 4(2), 297-304. https://doi.org/10.53565/nivedana.v4i2.990 Oktavia, E., Noviyanti, M., & Safari, D. (2024). Potret Abusive Judicial Reviewdi Masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Jurnal Legislatif, 14-14. http://journal-old.unhas.ac.id/index.php/jhl/article/view/35506. Pewo, F., & Buku, K. R. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pemilih Pada Pemilu Tahun 2024 Di Desa Ekoroka, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Jurnal Sosial dan Pemerintahan (JSP), 1(1), 32-40. https://doi.org/10.71241/rjsgsa29 Pardana, D. (2023). Pengaruh Media Sosial Dalam Memprediksi Partisipasi Perilaku Pemilih Pemula Pada Pemilihan Umum 2024. AT TARIIZ: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(01), 36-44. https://doi.org/10.62668/attariiz.v2i01.533 Rahayu, L. F., Maulana, E., Safitri, S., Haq, M. I., & Ramadhani, L. S. (2024). Pengaruh Debat Capres Dalam Merebut Pemilih Mengambang Dalam Pemilu 2024. Journal of Governance and Public Administration, 1(2), 127-132. https://doi.org/10.59407/jogapa.v1i2.487 Rofieq, A., Alrasyid, M. H., Purwantini, L., & Ramadhan, I. (2025). Between Popularity And Track Record: Regional Head Candidates In The View Of Generation Z. Kybernan: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 16(1), 51-58. https://doi.org/10.33558/kybernan.v16i1.10882
Sukmawati, S. (2023). Pencitraan Teks Berita Pemilu 2024 pada Media Daring: Kajian Teun A. van Dijk. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 901-909. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2395 Suherli, S., Jamal, M. N., Taslim, M., Kamsar, K., & Elsaid, D. A. (2024). Pengaruh Terpaan Informasi Politik Melalui Media Sosial Terhadap Perilaku Pemilih Pemula dalam Pemilihan Presiden Republik Indonesia Tahun 2024 di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 1042-1052. https://doi.org/10.5281/zenodo.13279429 Suwarji, S., & Rahmawati, M. P. (2024). Preferensi Politik Emak-Emak dalam Pemilihan Presiden Indonesia 2024: Analisis Kuantitatif dengan Metode Kruskal-Wallis. PAMARENDA: Public Administration and Government Journal, 4(1), 104-118. https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i1.17 Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. Wijayanti, D., & Tohawi, A. (2024). Perilaku Pemilih Pemula Dalam Pemilu Tahun 2024 Ditinjau Dari Sosiologi Dan Hukum Islam Studi Kualitatif di Desa Gemenggeng Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Hukum Tata Negara, 2(1), 1-15 Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. Wahyuningtyas, A., Ramadhan, M. W., Suprihono, M. B., & Putranto, A. (2025). Efektivitas Strategi Kampanye Pasangan Sherly Laos-Sarbin Sehe di Pilgub Maluku Utara: Kajian Media, Taktik, dan Mobilisasi Massa. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 6(1), 610-621. https://doi.org/10.35870/jimik.v6i1.1291 Yuliani, H., & Ibrahim, J. T. (2025). Panggung Digital Aktor Politik. UMMPress.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/ppj.v6i1.2750
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office of Public Policy Journal; Program Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Jendral Sudirman Street, Number 6, Gorontalo City, Gorontalo Province 96128, Indonesia. Telp. +628114390095; +6281340097196 (Call/SMS/WA) E-mail: public_policy_journal@ung.ac.id
____________________________________________________________________________________________________________
INDEXING: