HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMITMEN KERJA DAN PRODUKTIVITAS GURU DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU DI SMP NEGERI ATINGGOLA KABUPATEN GORONTALO UTARA

Efliyanti Mopili

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) hubungan antara kompetensi
pedagogik dengan motivasi berprestasi guru di SMP Negeri Atinggola Kabupaten
Gorontalo Utara, (2) hubungan antara komiten kerja dengan motivasi berprestasi
guru di SMP Negeri Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, (3) hubungan antara
produktivitas guru dengan motivasi berprestasi guru di SMP Negeri Atinggola
Kabupaten Gorontalo Utara, (4) hubungan antara kompetensi pedagogik,
komitmen kerja dan produktivitas guru secara bersama-sama dengan motivasi
berprestasi guru di SMP Negeri Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.Tempat
pelaksanaan penelitian ini pada SMP di Kecamatan Atinggola dan secara
keseluruhan dilaksanakan selama 4 bulan. Berdasarkan hasil pengolahan data
maka dirumuskan kesimpulan sebagai berikut.(1) Terdapat hubungan positif antara
kompetensi pedagogik dengan motivasi berprestasi guru di SMP Negeri Atinggola
kabupaten Gorontalo Utara artinya makin baik kompetensi pedagogik yang di miliki
guru maka motivasi berprestasi guru akan meningkat,(2) terdapat hubungan positif
antara komitmen kerja dengan motivasi berprestasi guru di SMP Negeri Atinggola
kabupaten gorontalo Utara artinya bahwa makin tinggi komitmen guru dalam
bekerja maka akan meningkatkan motivasinya untuk berprestasi, (3) Terdapat
hubungan positif antara produktivitas kerja dengan motivasi berprestasi guru di
SMP Negeri Atinggola Kabupaten Gorontalo utara artinya jika produktivitas guru
ditingkatkan maka motivasi berprestasi guru akan meningkat, (4) Terdapat
hubungan positif antara kompetensi pedagogik,komitmen kerja dan produktivitas
kerja secara bersama-sama dengan motivasi berprestasi guru di SMP Negeri
Atinggola Kabupaten gorontalo Utara artinya jika kompetensi pedagogik guru yang
baik didukung oleh komitmen dan produktivitas yang tinggi maka akan
meningkatkan motivasi berprestasi guru.

Kata Kunci : kompetensi, komitmen, produktivitas, motivasi.


References


Djamarah. 1994. Guru dan Anak Didik

dalam Interaksi Edukatif. Jakarta :

Rineka Cipta

Ety. 2014. Pengaruh Kompetensi

pedagogik terhadap kinerja

guru.publikasi Ilmiah. Alfabeta .

Bandung.

Hasibuan, 2005. Organisasi dan Motivasi

DasarPeningkatan Produktifitas.

Bandung: Bina Aksara.

Juniarari 2011. Komitmen

Organisasi Tersedia pada

http://juniarari. Blogs

potcom/2011/:11/komitmenorganisasi.

html (Diakses pada

tanggal 12 mei 2014)

Masaong, Kadim. 2010. Suvervisi

Pendidikan Untuk Pendidikan yang

Lebih Baik. Bandung: MQS

Publishing.

Maslow, Abraham H. 1984.Motivasi dan

kepribadian. Jakarta; Pt.Gramedia.

Mulyasa, 2005.Menjadi Guru

Profesional menciptakan

pembelajaran kreatif dan

menyenangkan .PT.

Rajagrafindo:Jakarta.

Mulyono, Mauled. 2003. Penerapan

Produktivitas Dalam Organisasi.

Jakarta: Bumi Aksara.

Ravianto, J. 1995. Produktivitas dan

Manajemen. Jakarta : SIUP

Robbins, Stephen P. 2001 Perilaku

Organisasi. Jakarta:PT Prenhallindo

Sadulloh,Uyoh dkk.2011. Pedagogik.

Bandung: Afabeta

Sardiman, 2001, Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar, Jakarta, Raja

Grafindo Persada.

Sardiman. 2005. Motivasi dan

Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Sinungan, M. 1995. Produktivitas Apa dan

Bagaimana. Jakarta : Bumi Aksara

Taniredja Tukiran. 2012. Penelitian

Kuantitatif. Sebuah pengantar,

alfabeta Bandung.

Uno. Hamzah B. 2006. Teori Motivasi dan

Pengukurannya. Jakarta: Bumi

Aksara

Wulandari. 2010.Pengaruh Kreatifitas Guru

Terhadap hasil belajar Siswa.UIN

Syarif Hidayatullah, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id