HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMITMEN KERJA DAN PRODUKTIVITAS GURU DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU DI SMP NEGERI ATINGGOLA KABUPATEN GORONTALO UTARA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) hubungan antara kompetensi
pedagogik dengan motivasi berprestasi guru di SMP Negeri Atinggola Kabupaten
Gorontalo Utara, (2) hubungan antara komiten kerja dengan motivasi berprestasi
guru di SMP Negeri Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, (3) hubungan antara
produktivitas guru dengan motivasi berprestasi guru di SMP Negeri Atinggola
Kabupaten Gorontalo Utara, (4) hubungan antara kompetensi pedagogik,
komitmen kerja dan produktivitas guru secara bersama-sama dengan motivasi
berprestasi guru di SMP Negeri Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.Tempat
pelaksanaan penelitian ini pada SMP di Kecamatan Atinggola dan secara
keseluruhan dilaksanakan selama 4 bulan. Berdasarkan hasil pengolahan data
maka dirumuskan kesimpulan sebagai berikut.(1) Terdapat hubungan positif antara
kompetensi pedagogik dengan motivasi berprestasi guru di SMP Negeri Atinggola
kabupaten Gorontalo Utara artinya makin baik kompetensi pedagogik yang di miliki
guru maka motivasi berprestasi guru akan meningkat,(2) terdapat hubungan positif
antara komitmen kerja dengan motivasi berprestasi guru di SMP Negeri Atinggola
kabupaten gorontalo Utara artinya bahwa makin tinggi komitmen guru dalam
bekerja maka akan meningkatkan motivasinya untuk berprestasi, (3) Terdapat
hubungan positif antara produktivitas kerja dengan motivasi berprestasi guru di
SMP Negeri Atinggola Kabupaten Gorontalo utara artinya jika produktivitas guru
ditingkatkan maka motivasi berprestasi guru akan meningkat, (4) Terdapat
hubungan positif antara kompetensi pedagogik,komitmen kerja dan produktivitas
kerja secara bersama-sama dengan motivasi berprestasi guru di SMP Negeri
Atinggola Kabupaten gorontalo Utara artinya jika kompetensi pedagogik guru yang
baik didukung oleh komitmen dan produktivitas yang tinggi maka akan
meningkatkan motivasi berprestasi guru.
Kata Kunci : kompetensi, komitmen, produktivitas, motivasi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Djamarah. 1994. Guru dan Anak Didik
dalam Interaksi Edukatif. Jakarta :
Rineka Cipta
Ety. 2014. Pengaruh Kompetensi
pedagogik terhadap kinerja
guru.publikasi Ilmiah. Alfabeta .
Bandung.
Hasibuan, 2005. Organisasi dan Motivasi
DasarPeningkatan Produktifitas.
Bandung: Bina Aksara.
Juniarari 2011. Komitmen
Organisasi Tersedia pada
http://juniarari. Blogs
potcom/2011/:11/komitmenorganisasi.
html (Diakses pada
tanggal 12 mei 2014)
Masaong, Kadim. 2010. Suvervisi
Pendidikan Untuk Pendidikan yang
Lebih Baik. Bandung: MQS
Publishing.
Maslow, Abraham H. 1984.Motivasi dan
kepribadian. Jakarta; Pt.Gramedia.
Mulyasa, 2005.Menjadi Guru
Profesional menciptakan
pembelajaran kreatif dan
menyenangkan .PT.
Rajagrafindo:Jakarta.
Mulyono, Mauled. 2003. Penerapan
Produktivitas Dalam Organisasi.
Jakarta: Bumi Aksara.
Ravianto, J. 1995. Produktivitas dan
Manajemen. Jakarta : SIUP
Robbins, Stephen P. 2001 Perilaku
Organisasi. Jakarta:PT Prenhallindo
Sadulloh,Uyoh dkk.2011. Pedagogik.
Bandung: Afabeta
Sardiman, 2001, Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar, Jakarta, Raja
Grafindo Persada.
Sardiman. 2005. Motivasi dan
Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Sinungan, M. 1995. Produktivitas Apa dan
Bagaimana. Jakarta : Bumi Aksara
Taniredja Tukiran. 2012. Penelitian
Kuantitatif. Sebuah pengantar,
alfabeta Bandung.
Uno. Hamzah B. 2006. Teori Motivasi dan
Pengukurannya. Jakarta: Bumi
Aksara
Wulandari. 2010.Pengaruh Kreatifitas Guru
Terhadap hasil belajar Siswa.UIN
Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id