ANALISIS TENTANG PROFESIONALITAS GURU PKn DI KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Kesimpulan hasil penelitian yaitu; Sekolah-sekolah menengah atas di Kabupaten
Gorontalo 80% telah memenuhi kualitas pendidikan yang baik, namun
kenyataannya masih ditemukan 20% para guru pengajar yang belum tersertifikasi
dikarenakan masa tugas yang belum memenuhi ketentuan tersertifikasi.
Sedangkan ditemukan hanya 75% para guru yang dapat memberikan peran
terbaik dalam proses pembelajaran, serta ditemukan hanya 25% para guru yang
dapat menggunakan media teknologi pembelajaran. Karena itu para siswa
berharap agar para guru dapat menggunakan media-media yang menarik
sehingga membangkitkan semangat belajar pada mata pelajaran PKn.
Karena itu pihak sekolah 80% mengharapkan pelaksanaan pelatihan khusus para
guru, pengadaan KKG serta melakukan worshop MGMP bagi para guru
tersertifikasi guna meningkatkan profesionalitasnya lebih baik kedepannya,
terutama didalam membuat kelengkapan bahan ajar pembelajaran baik berupa
RPP, silabus dan sebagainya. Namun hal ini rata-rata pihak sekolah memperoleh
jawaban yang sama akan kekurangan dana sehingga ditemukan 75% para guru
tersertifikasi sebagai guru PKn mengakui perlunya suatu upaya yang dilakukan
demi peningkatan nilai profesi dalam menjalankan tugas dan peningkatan
wawasan pengetahuan dalam membuat kelengkapan bahan ajar pembelajaran
baik berupa RPP, silabus dan sebagainya, demi terciptanya guru-guru profesional
didalam menjalankan tugas mengajar dan mendidik dengan baik.
Kata Kunci: Analisis, Profesionalitas, Guru PKn
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, 2007. Kapita Selekta Pendidikan,
Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar, 2006. Pendidikan Guru
Berdasarkan Pendekatan
Kompetensi, (Jakarta: PT. Bumi
Aksara)
John M. Echols dan Hassan Shadili, 1996.
Kamus Inggris Indonesia, Jakarta:
PT. Gramedia
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional
Menciptakan Pembelajaran Kreatif
dan Menyenangkan. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya Offest
Peraturan pemerintah RI No 19 Tahun
Tentang Standar Nasional
Pendidikan. Jakarta: CV Eko Jaya.
Trianto, 2006. Tinjauan Yuridis Hak Serta
Kewajiban Pendidik Menurut
Undang- Undang Guru dan Dosen,
Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Undang-undang Guru dan Dosen No. 14
Tahun 2005. Jakarta: Sinar Grafika
Zainal, Aqib. 2012. Profesionalisme Guru
dalam Pembelajaran, Surabaya:
Insan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id