ANALISIS TENTANG PROFESIONALITAS GURU PKn DI KABUPATEN GORONTALO

Warni Fintje Latif

Abstract


Kesimpulan hasil penelitian yaitu; Sekolah-sekolah menengah atas di Kabupaten
Gorontalo 80% telah memenuhi kualitas pendidikan yang baik, namun
kenyataannya masih ditemukan 20% para guru pengajar yang belum tersertifikasi
dikarenakan masa tugas yang belum memenuhi ketentuan tersertifikasi.
Sedangkan ditemukan hanya 75% para guru yang dapat memberikan peran
terbaik dalam proses pembelajaran, serta ditemukan hanya 25% para guru yang
dapat menggunakan media teknologi pembelajaran. Karena itu para siswa
berharap agar para guru dapat menggunakan media-media yang menarik
sehingga membangkitkan semangat belajar pada mata pelajaran PKn.
Karena itu pihak sekolah 80% mengharapkan pelaksanaan pelatihan khusus para
guru, pengadaan KKG serta melakukan worshop MGMP bagi para guru
tersertifikasi guna meningkatkan profesionalitasnya lebih baik kedepannya,
terutama didalam membuat kelengkapan bahan ajar pembelajaran baik berupa
RPP, silabus dan sebagainya. Namun hal ini rata-rata pihak sekolah memperoleh
jawaban yang sama akan kekurangan dana sehingga ditemukan 75% para guru
tersertifikasi sebagai guru PKn mengakui perlunya suatu upaya yang dilakukan
demi peningkatan nilai profesi dalam menjalankan tugas dan peningkatan
wawasan pengetahuan dalam membuat kelengkapan bahan ajar pembelajaran
baik berupa RPP, silabus dan sebagainya, demi terciptanya guru-guru profesional
didalam menjalankan tugas mengajar dan mendidik dengan baik.

Kata Kunci: Analisis, Profesionalitas, Guru PKn


References


Arifin, 2007. Kapita Selekta Pendidikan,

Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar, 2006. Pendidikan Guru

Berdasarkan Pendekatan

Kompetensi, (Jakarta: PT. Bumi

Aksara)

John M. Echols dan Hassan Shadili, 1996.

Kamus Inggris Indonesia, Jakarta:

PT. Gramedia

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional

Menciptakan Pembelajaran Kreatif

dan Menyenangkan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya Offest

Peraturan pemerintah RI No 19 Tahun

Tentang Standar Nasional

Pendidikan. Jakarta: CV Eko Jaya.

Trianto, 2006. Tinjauan Yuridis Hak Serta

Kewajiban Pendidik Menurut

Undang- Undang Guru dan Dosen,

Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Undang-undang Guru dan Dosen No. 14

Tahun 2005. Jakarta: Sinar Grafika

Zainal, Aqib. 2012. Profesionalisme Guru

dalam Pembelajaran, Surabaya:

Insan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id